2018, KLHK Catat Penurunan Deforestasi Sebesar 440 Ribu Hektare 

TrubusNews
Binsar Marulitua
08 Mei 2019   22:00 WIB

Komentar
2018, KLHK Catat Penurunan Deforestasi Sebesar 440 Ribu Hektare 

Ilustrasi deforestasi. (Foto : Doc/ Madani Berkelanjutan)

Trubus.id -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat penurunan tren kehilangan kawasan hutan (deforestasi) sebesar 440 ribu hektare dari jumlah total lahan berhutan seluas 93,5 juta hektare pada tahun 2017-2018. Penurunan deforestasi tersebut berasal dari angka deforestasi bruto sebesar 490 ribu hektare dikurangi reforestasi sebesar 50 ribu hektare.

Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan, KLHK, R.A Belinda Arunawati Margono mengatakan, luas deforestasi tertinggi terjadi di kelas hutan sekunder, yaitu sebesar 30 ribu hektare di mana 51,8 persen atau 16 ribu hektare berada di dalam kawasan hutan dan sisanya seluas 15 juta hektare di luar kawasan hutan. 

Baca Lainnya : Merespon Deforestasi, Kemen PUPR Tanam 126 Ribu Pohon di 34 Provinsi

"Pemantauan hutan dan deforestasi ini dilakukan pada seluruh daratan Indonesia seluas 187 hektare baik di dalam kawasan hutan maupun di luar kawasan hutan dan berdasarkan peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) yang terdapat dalam Kebijakan Satu Peta," jelas Belinda Arunawati Margono di Jakarta, Rabu (8/5). 

Berbagai upaya yang dilakukan KLHK telah menunjukkan hasil yang signifikan menyumbang penurunan deforestasi. Upaya tersebut antara lain, adanya moratorium izin hutan alam primer dan lahan gambut, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, pengendalian kerusakan gambut, dan pengendalian perubahan iklim.

Baca Lainnya : Deforestasi Hutan, Ancaman Terbesar Populasi Orang Utan

Selanjutnya,  pembatasan perubahan alokasi kawasan hutan (HPK) untuk sektor non kehutanan, Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH/TORA), pengelolaan hutan lestari, Perhutanan Sosial, serta Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). 

Belianda meneruskan, jika dibandingkan dengan kondisi negara lain yang mempunyai hutan tropis, maka pada tahun ini, angka deforestasi Indonesia jauh lebih rendah dari negara lain seperti Brasil dan Republik Demokratik Kongo.

Berdasarkan total area, Brasil tercatat kehilangan hutan hujan primer seluas 1347,132 Hektare sedangkan republik Demokratik Kongo seluas 481,248 hektare. [RN] 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: