Tarik Ulur Impor Bawang, Sempat Bikin Masyarakat Meriang

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
08 Mei 2019   21:00

Komentar
Tarik Ulur Impor Bawang, Sempat Bikin Masyarakat Meriang

Bawang putih impor. (Foto : Trubus.id/ Syahroni)

Trubus.id -- Sudah beberapa waktu belakangan, Supari resah. Pedagang di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur ini khawatir merugi karena harga bawang putih yang terus melonjak hingga memasuki bulan Ramadan. Kepada Trubus.id belum lama ini Suparti cerita, sejak bulan April lalu, harga bawang putih terus meroket.

Saat ini, harga bawang putih sudah mencapai Rp60.000 per kilogram, atau naik sebesar Rp8.000. Padahal Suparti mengatakan, seminggu lalu harga bawang putih rata-rata dijual seharga Rp54.000 per kilogram.

“Harga bawang putih kating Rp60.000 per kilogram, sedangkan bawang putih biasa harganya Rp55.000 per kilogram,” kata Suparti saat ditemui Trubus.id di lapaknya di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (2/5).

Baca Lainnya : Persediaan Menipis, Harga Bawang Putih di Berbagai Wilayah Melonjak Tajam

Dirinya mengaku lonjakan harga bawang putih sudah terjadi sejak Pemilu 17 April 2019 lalu. Lebih lanjut dirinya mengatakan meroketnya harga bawang putih turut mempengaruhi omzet dan penjualannya.

Tak hanya di Jakarta, lonjakan harga bawang putih juga terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Di Yogyakarta, harga bawang putih sudah berada di kisaran Rp70.000 per kilogram (kg) dari yang sebelumnya atau sekitar sepekan lalu bawang putih dihargai Rp50.000 per kg.

“Beberapa minggu ini harga bawang naik terus,” kata Sutinah, seorang pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Selasa (7/5).

Sementara itu, di luar pulau Jawa, tepatnya di Nusa Tenggara Barat, harga bawang putih lebih mahal. Di Pasar Kebon Roek, Mataram, NTB, harga bawang putih di hari kedua Ramadan sudah tembus Rp100.000 per kilogram.

Baca Lainnya : Mentan Blacklist 56 Importir Bawang Putih Nakal

Harga bawang putih meroket drastis dalam sebulan terakhir. Pada 15 April 2019, rata-rata harga bawang putih nasional ada di angka Rp41.800 per kg. Bahkan, di awal April lalu, rata-rata harga bawang putih nasional sempat berada di kisaran Rp34.950 per kg.

Bawang Putih Sumbang Inflasi

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: