Mentan: Harga Telur di Tingkat Pedagang Dipatok Rp23.000 per Kg

TrubusNews
Astri Sofyanti
08 Mei 2019   12:30 WIB

Komentar
Mentan: Harga Telur di Tingkat Pedagang Dipatok Rp23.000 per Kg

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto : Dok Kementan)

Trubus.id -- Selama bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meginginkan harga telur ayam ras di tingkat pedagang Rp23.000 per kilogram (kg).

Terlebih, Mentan Amran telah menyepakati bahwa harga telur ayam ras minimal Rp20.000 per kg di tingkat peternak dan Rp23.000 per kg di tingkat pedagang.

Sebagai informasi, Kementerian Pertanian menggelontorkan 7 ton telur ayam ras untuk menggelar operasi pasar di tujuh titik yang meliputi Pasar Petojo Ilir, Pasar Glodok, Pasar Pluit, Pasar Palmerah, dan Pasar Pulo Gadung.

"Pemerintah ingin memastikan bahwa kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi dengan harga yang terjangkau. Kita harus pikirkan peternak, pedagang dan konsumen sama-sama untung," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Pasar Tebet Barat, Rabu (8/5).

Baca Lainnya : Antisipasi Fluktuasi Harga Selama Ramadan, Bulog Borong Telur dari Peternak

“Harga Rp23.000 per kilogram harus dijaga betul, harga tersebut sudah menguntungkan peternak sehingga bisa terus berproduksi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Amran menuturkan, harga telur ayam ras di dalam operasi pasar tersebut akan dijual denan harga Rp23.000 per kg.

Sebab, diakui Amran, saat ini, sejumlah pasar tradisional rata-rata menjual telur ayam seharga Rp26.000 per kg.

Baca Lainnya : Mulai Bertelur, 1,4 Juta Ekor Ayam Bantuan dari Kementan Sukses Entaskan Kemiskinan di Brebes

Mentan menegaskan, bahwa operasi pasar akan terus dilaksanakan sampai harga telur ayam di semua pedagang stabil yakni Rp23.000 per kg atau sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Trubus.id megutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), Rabu (8/5), harga telur ayam di DKI Jakarta, rata-rata berkisar antara Rp25.000 sampai Rp26.000 per kg. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: