Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 Mei 2019   11:30 WIB

Komentar
Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter

Erupsi Gunung Sinabung (Foto : AFP/Ivan Damanikk)

Trubus.id -- Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM melalui Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung melaporkan, bahwa Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (7/5) mengalami erupsi.

PVMBG mencatat, ketinggian kolom abu mencapai 2.000 meter di atas puncak Gunung Sinabung. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Melalui siaran persnya yang diterima, Selasa (7/5), PVMBG mencatat, erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 42 menit 49 detik dengan kondisi saat ini terjadi hujan abu yang masih berlangsung.

Baca Lainnya : Dari 127 Gunung Api Aktif di Indonesia, Hanya Sinabung yang Statusnya 'Awas'

Akibat aktivitas tersebut, PVMBG menyatakan Gunung Sinabung berada di level IV (AWAS). PVMBG meminta masyarakat ataupun wisatawan untuk tidak melakukan kegiatan apapun di dalam radius tiga kilometer untuk sektor Utara-Barat dan empat kilometer untuk sektor Selatan-Barat.

“Serta dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur,” tulis keterangan resmi PVMBG.

Baca Lainnya : Sinabung Masih Awas, Gunung Ibu Terbanyak Alami Erupsi Selama Februari 2019

Selain itu, PVMBG juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat.

Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan tidak mudah terpancing isu-isu yang tidak dapat dipertanggugjawabkan kebenarannya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: