Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 13 Kapal Ikan Ilegal Vietnam

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
05 Mei 2019   20:00

Komentar
Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 13 Kapal Ikan Ilegal Vietnam

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, saat memimpin penenggelam kapal ikan ilegal Vietnam di Kalimantan Barat, Sabtu (4/5). (Foto : Dok. Humas KKP)

Trubus.id -- Pada Sabtu (4/5) kemarin, Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, memimpin langsung penenggelaman 13 kapal ikan ilegal berbendera Vietnam di Perairan Tanjung Datu, Kalimantan Barat.

Penenggelaman kapal ikan ilegal merupakan jalan keluar permasalahan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia yang menurun.

Baca Lainnya : Menteri Susi: Kapal Pencuri Ikan Asing yang Tertangkap Harus Ditenggelamkan

"Ini merupakan way out sangat cantik untuk kita menakuti negara lain. Seharusnya, penenggelaman kapal ilegal menjadi sebuah tradisi praktik penegakan hukum," kata Susi melalui keterangan tertulis, Minggu (5/5).

Penenggelam kapal ikan ilegal terbukti memberikan efek jera terhadap para pencuri ikan di perairan Indonesia.

Baca Lainnya : Curi Ikan di Perairan Natuna, 2 Kapal Berbendera Vietnam Diamankan

"Dengan penenggelaman, kita memberikan kepastian hukum pada semua orang. Siapa pun yang mau berinvestasi di suatu negara perlu kepastian hukum. Kita kasih kepastian hukum bagi yang melanggar. Tidak ada diskriminasi hukum," jelasnya.

Sejak Oktober 2014, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menenggelamkan 503 kapal ikan ilegal. Terdiri dari 284 kapal ikan asal Vietnam, 92 kapal ikan dari Filipina, 23 kapal ikan Thailand, 73 kapal ilegal asal Malaysia, 2 kapal dari Papua Nugini, 1 kapal RRT, 1 kapal Nigeria, 1 kapal Belize dan 26 kapal Indonesia. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: