Operasi Pangan Pasar di Kramatjati, Mentan Janji Harga Bawang Putih Rp25 Ribu per Kg

TrubusNews
Diah Fauziah
05 Mei 2019   10:00 WIB

Komentar
Operasi Pangan Pasar di Kramatjati, Mentan Janji Harga Bawang Putih Rp25 Ribu per Kg

Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian saat melakukan operasi pangan di Pasar Induk Kramatjati, Minggu (5/5). (Foto : Dok. Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Satu hari jelang puasa, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, melakukan operasi pangan di Pasar Induk Kramatjati di Jakarta Timur. Itu karena, harga bawang putih sempat mengalami kenaikan jelang Ramadan, sempat mencapai Rp60.000 per kilogram.

"Stok bawang putih dua kali lipat, lebih dari 10.000 ton. Semua importir harus bertanggung jawab supaya harga bawang putih turun dari Rp46.000 per. Mulai hari ini, harga maksimal bawang putih harus Rp30.000 per kilogram. Syukur-syukur bisa Rp25.000 karena ada 115.000 ton yang masuk. Jadi, tidak ada alasan untuk menaikkan," kata Amran, Minggu (5/5) pagi di Pasar Induk Kramat Jati.

Baca Lainnya : 100 Ribu Ton Bawang Putih Bakal Masuk Indonesia Jelang Ramadan

Ada 14 importir nasional yang telah menandatangi kesepakatan dengan pemerintah untuk menjamin harga bawang putih turun. Selain itu, untuk menstabilkan harga, Amran mengatakan jika empat kontainer impor bawang putih dari China dengan berat 29 dan 30 kilogram telah sampai di Indonesia.

"Stok sudah datang dari kemarin-kemarin. Kita tambah lagi kalau perlu," lanjutnya.

Baca Lainnya : Naik Sejak April, Bawang Putih di Pasar Induk Kramatjati Sentuh Harga Rp60.000 per Kilogram

Bagi importir yang tetap menjual bawang putih di atas Rp30.000 per kilogram, Amran mengatakan jika pihaknya, dalam hal ini Kementerin Pertanian, akan menindak tegas dengan memberikan sanksi dan memasukkannya dalam daftar hitam. [DF]

 

 

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: