Selamatkan Rumah Ikan, Komantab Pasang Artificial Reef di Pulau Poncan 

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 0
04 Mei 2019   18:33

Komentar
Selamatkan Rumah Ikan, Komantab Pasang Artificial Reef di Pulau Poncan 

Karang buatan yang akan dipasang di Pulau Poncan (Foto : Reza Perdana)

Trubus.id -- Kegiatan Kemah Hari Bumi di Pulau Poncan diisi dengan aksi bersih pantai dan peletakan Artificial Reef (terumbu karang buatan). Ada 10 unit terumbu karang buatan dan rumah ikan yang diletakkan di perairan Pulau Poncan. 

"Ke depan kita berharap, 10 unit terumbu karang buatan ini akan tumbuh dengan baik dan bertambah jumlahnya," kata Kordinator Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) Maecenas Doni, Sabtu (4/5).

Dijelaskannya, dengan berbagai bentuk yang selain menjadi upaya rehabilitasi, karang juga upaya menciptakan jenis kegiatan wisata bahari baru di Kota Sibolga, yang berdekatan dengan Pulau Poncan, yaitu snorkeling dan scuba diving.

"Kemah Hari Bumi menjadi salah satu kegiatan kita dalam komitmen menjaga kelestarian lingkungan, terutama di pantai barat Sumatera Utara (Sumut)," jelasnya.

Menurutnya, masih begitu banyak agenda sebagai bagian kampanye penyelamatan lingkungan di Sibolga dan Tapanuli Tengah yang akan digagas. Mereka sangat mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak," tutupnya.

Pengenalan Selam dan Snorkling Mendapat Antusias Tinggi

Pengenalan Selam (Try Scuba Diving) dan Snorkling di Kemah Hari Bumi Komantab di Pulau Poncan mendapat antusias tinggi dari puluhan peserta yang hadir.

Materi Pengenalan Selam dan snorkling berlanjut praktik singkat dibawa sejumlah pemateri profesional dan bersertifikat. Diantaranya Maecenas Doni, Rahman Maulana Harahap dan Bastian. 

Dia menyebut, antusias para peserta untuk mengetahui teknik-teknik dasar menyelam dan snorkling akan menjadi stimulus membumikan olahraga air khususnya selam dan snorkling untuk menumbuhkan kecintaan para peserta terhadap habitat bawah laut. 

"Karena materi pengenalan selam yang kita beri juga menyisipkan pesan lingkungan, misalnya agar berhati-hati ketika melakukan penyelaman, tidak merusak terumbu karang," Doni menandaskan.  

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 04 Mei 2019 - 20:08

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: