Menteri Perdagangan Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Musiman

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Mei 2019   19:00 WIB

Komentar
Menteri Perdagangan Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Musiman

Menteri Perdagangan RI (Mendag) Enggartiasto Lukita (Foto : Trubus.id/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Guna menghindari terjadinya kenaikan harga komoditas pangan musiman, Menteri Perdagangan RI (Mendag) Enggartiasto Lukita mengungkapkan, bahwa pemerintah akan fokus mengantisipasi kenaikan komoditas pangan musiman seperti bawang dan cabai.

“Bawang putih tadi sudah dilaporkan masuk 80.000 ton. Jadi diperkirakan minggu depan sudah mulai masuk pasar, harga akan turun,” kata Enggartiasto usai mengikuti rapat terbatas Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440 H/2019 di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5) dikutip Antaranews.

Lebih lanjut Enggar menuturkan, harga cabai dan bawang merah akan kembali normal sebelum memasuki Ramadan. Sementara untuk harga beras, Enggar mengatakan ketersediaan beras mencukupi.

Baca Lainnya : Walikota Metro: Harga Bawang Putih Paling Tinggi Capai Rp60.000 per Kilogram

"Bahan pokok seperti beras dan sebagainya tersedia, bahkan cenderung deflasi. Terjadi penurunan, jadi tidak ada masalah. Insya Allah kalau dari bahan pokok tidak ada kekhawatiran," tambahnya.

Dalam rapat terbatas tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan sejumlah hal yakni upaya stabilisasi harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok, sektor transportasi dan infrastruktur penunjang, serta penjagaan keamanan saat Ramadan dan mudik.

Baca Lainnya : 60 Ribu Ton Bawang Putih Asal China Bersiap Masuk, Harga Terkerek Turun

Sebelumnya, sejumlah harga komoditas pangan di Pasar Induk Kramat Jati diketahui mengalami kenaikan. Harga bawang merah dan cabai merah keriting misalnya menjelang Ramadan naik sebesar 20 persen seiring menurunnya jumlah pasokan dari petani akibat mundurnya masa panen.

Harga bawang merah kualitas biasa dan cabe merah naik menjadi Rp20.000 per kilogram dari sebelumya Rp15.000 per kilogram. Sementara harga cabai rawit hijau dari Rp10.000 per kilogram menjadi Rp15.000 per kilogram. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: