Walikota Metro: Harga Bawang Putih Paling Tinggi Capai Rp60.000 per Kilogram

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
03 Mei 2019   15:30

Komentar
Walikota Metro: Harga Bawang Putih Paling Tinggi Capai Rp60.000 per Kilogram

Pedagang bawang putih (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Harga bawang putih beberapa waktu belakangan ini terus menjadi sorotan. Pasalnya, harga normal bawang putih berkisar Rp23.000 per kilogram ini naik menjadi Rp60.000 per kilogram di sejumlah daerah.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di Kota Metro, Bandar Lampung. Dalam sepekan terakhir, harga bawang putih di wilayah tersebut naik sebesar Rp5.000 yang saat ini menjadi Rp60.000 per kilogram.

“Pemerintah melakukan pemantauan harga langsung ke pasar menjelang Ramadan, bahan pokok yang harganya melambung hanya bawang putih, sementara komoditas lain harganya masih normal,” jelas Walikota Metro Achmad Pairin, di Metro, Bandar Lampung, Jumat (3/5).

Baca Lainnya : 60 Ribu Ton Bawang Putih Asal China Bersiap Masuk, Harga Terkerek Turun

Sementara itu, komoditas lain seperti daging sapi lokal, di sejumlah pasar tradisional di Kota Metro harganya bervariasi mulai dari Rp115.000 sampai Rp120.000 per kilogram.

“Untuk harga daging ini yang perlu kita antisipasi. Karena biasanya nanti harganya pasti naiknya signifikan. Jadi walaupun harganya mahal, masyarakat masih bisa membelinya," tambah Pairin.

Baca Lainnya : Naik Sejak April, Bawang Putih di Pasar Induk Kramatjati Sentuh Harga Rp60.000 per Kilogram

Diakuinya, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Metro sudah membentuk tim untuk memantau harga daging, nantinya hasil pantauan akan menjadi acuan untuk menentukan kebijakan terkait harga daging. Guna memantau harga kebutuhan pokok di pasaran, pemerintah telah bekerja sama dengan Bulog Subdivre Lampung Tengah untuk menyediakan kebutuhan daging sapi.

"Kalau di Bulog harga dagingnya Rp95 ribu per kilogram. Nanti bisa saja kita perbanyak pasokan daging, atau nanti bisa kita subsidi. Yang jelas akan kita upayakan masyarakat masih bisa menikmati daging," pungkasnya, dikutip dari Antaranews. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: