Lima Ekor Penyu Raksasa Bertelur di Raja Ampat

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Mei 2019   15:00 WIB

Komentar
Lima Ekor Penyu Raksasa Bertelur di Raja Ampat

Penyu belimbing (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebanyak lima ekor penyu belimbing atau yang dikenal dengan nama penyu raksasa bertelur di Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat. Penyu ini juga dikenal karena sering menjelajah ke belahan dunia.

Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Kampung Yenbekaki, Yusuf Mayor, di Waisai, mengungkapkan, kawasan Pantai Warebar di Kampung Yenbekaki adalah tempat lokasi dimana penyu belimbing bertelur sepanjang tahun.

“Ada lima sarang penyu belimbing di Pantai Warebar Kampung Yenbekaki sepanjang April,” kata Yusuf di Wasai, Kabupaten Raja Ampat, dikutip dari Antaranews, Rabu (1/5).

Baca Lainnya : Penyu Raksasa Berusia 60 Tahun, Hampir jadi Santapan Warga Tanjung Keluang

Kini, masyarakat Penggiat Koservasi Kampung Yenbekaki sedang menjaga sarang penyu belimbing di Pantai Warebar itu dari serangan predator, baik satwa liar maupun manusia.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, usai menetas menjadi tukik, kelompok Penggiat Koservasi akan menangkarkan tukik penyu belimbing itu, paling lama dua minggu agar tukik benar-benar kuat dan dapat menghindar dari serangan predator.

Yusuf mengatakan, sepanjang 2018 Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki melakukan aktivitas yang sama dan tercatat sebanyak 31 penyu belimbing betina mendarat dan bertelur di Kampung Yenbekaki.

"Kami mendata 31 ekor penyu belimbing yang mendarat dan bertelur Pantai Warebar sepanjang 2018 menghasilkan sebanyak 3.706 telur. Dari 3.706 telur penyu belimbing itu, sebanyak 1.000 di antaranya rusak dan yang berhasil menetas sebanyak 2.706 menjadi tukik yang dilepaskan ke laut," pungkasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: