Faktor Alam dan Ulah Manusia Penyebab Banjir di Bengkulu

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Mei 2019   12:30 WIB

Komentar
Faktor Alam dan Ulah Manusia Penyebab Banjir di Bengkulu

Banjir Bengkulu (Foto : Dok BNPB)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan faktor alam dan ulah  manusia menjadi penyebab banjir di Bengkulu. Sementara itu, berdasarkan data BNPB per 30 April 2019, jumlah korban meninggal akibat peristiwa tersebut mencapai 29 jiwa.

Sutopo mengatakan, bahwa faktor alam dan faktor manusia menjadi penyebab utama banjir di Bengkulu. “Sebanyak 19 kabupaten/kota yang terendam banjir di Bengkulu. Akibat dari luapan sungai-sungai ditambah dengan kerusakan lingkungan,” demikian disampaikan Sutopo dikutip dari Merdeka, Selasa (30/4).

Diakuinya, faktor lain yang memicu banjir tersebut adalah akibat proyek tambang dan juga perumahan. Selain itu, adanya alih fungsi kawasan hutan menjadi perkebunan dan tambang hingga pembangunan perumahan juga menjadi faktor karena berada di kawasan rawan bencana.

Baca Lainnya : Banjir dan Kerusakan Lingkungan Jakarta jadi Pertimbangan Terbesar Pemindahan Ibu Kota 

“Kalau hujannya tidak terlalu ekstrem, ya mungkin terjadi banjir tapi tidak luas," tambah Sutopo.

Dengan adanya faktor-faktor tersebut, bencana yang terjadi di Bengkulu tak dapat dihindari.

"Jadi, dalam hal ini kejadian yang ada di Bengkulu itu kombinasi secara umum, kombinasi antara alam dan antropogenik, namun kalau kita melihat dari 29 orang meninggal dunia, 9 orang hilang sebgaian besar adalah di Kabupaten Bengkulu tengah yang terjadi terutama di wilayah Gunung Kumbu korban paling banyak adalah karena longsor tentu juga karena aspek lingkungan tadi," pungkasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: