Gunung Agung Kembali Lontarkan Kolom Abu Setinggi 1.000 Meter, Status Siaga

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 April 2019   13:49

Komentar
Gunung Agung Kembali Lontarkan Kolom Abu Setinggi 1.000 Meter, Status Siaga

Gunung Agung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gunung Agung yang berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali dilaporkan kembali mengalami erupsi pada, Selasa 30 April 2019 sekitar pukul 05.34 WITA.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, tinggi kolom abu terpantau mencapai 1.000 meter di atas puncak atau (± 4.142 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 15 detik.

Meski erupsi masih terus terjadi, PVMBG masih mempertahankan status Gunung Agung berada di Level III (Siaga).

Seiring berkembangnya aktivitas vulkanis, PVMBG tidak merekomendasikan masyarakat ataupun wisatawan untuk melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya dalam radius 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

PVMBG juga menginformasikan bahwa Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Untuk itu, masyarakat yang tinggal dan juga beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung untuk meningkatkan kewaspadaan adanya potensi banjir lahar dingin, mengingat saat ini musim hujan masih berlangsung dikhawatirkan material erupsi masih terpapar di atas puncak gunung.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: