Usai Disapu Banjir Bandang, Lumpur Timbun Rumah Warga Hingga Atap

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
29 April 2019   16:30

Komentar
Usai Disapu Banjir Bandang, Lumpur Timbun Rumah Warga Hingga Atap

Penampakan Kabupaten Sigi usai diterjang banjir bandang minggu malam (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini mengakibatkan curah hujan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) tinggi. Kondisi ini membuat wilayah ini diterjang banjir bandang, Minggu malam (28/4). Ribuan warga dilaporkan terdampak dalam peristiwa tersebut.

Usai disapu banjir bandang, banyak rumah yang tertimbun lumpur. Bahkan timbunan lumpur sampai menutupi rumah warga dan hanya menyisakan bagian atapnya saja.

“Senin tadi rumah warga di sebagian Dusun I, seluruh Dusun II dan sebagian Dusun III tertimbun lumpur setinggi atap,” kata Sukardi salah seorang warga di Kabupaten Sigi, Senin (29/4) melansir Antara.

Dirinya menerangkan, banjir pertama terjadi sekitar pukul 19.00 WITA. “Ketinggian air pada banjir pertama hanya setinggi lutut orang dewasa. Tapi pada jam 11 malam, banjir ke dua datang dengan suara gemuruh karena membawa batang pohon dan material lumpur,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, semalam rumah warga sama sekali tidak terlihat akibat tertutup lumpur. Material lumpur disinyalir terbawa banjir dari lereng pegunungan di sekitar Desa Bangga.

“Baru tadi pagi, rumah warga sudah mulai kelihatan tapi sebagian baru atapnya saja yang terlihat,” ucap Sukardi.

Dakria, warga Dusun II mengaku lokasi tempat tinggalnya merupakan yang paling parah terdampak banjir bandang. Meski begitu diriya dan keluarga mengaku masih sempat menyelamatkan diri.

Hingga saat ini petugas gabungan yang meliputi kepolisian, TNI, Badan SAR Nasional (Basarnas) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi dan Pemprov Sulawesi Tengah serta relawan masih terus berdatangan ke lokasi untuk membantu mengevakuasi warga dan membantu menyelamatkan barang-barang berharga, serta mendistribusikan logistik bagi para korban terdampak.

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 29 April 2019 - 21:05

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: