Cuaca Ekstrem Masih Mengintai Sampai Mei, Ini Sebaran Wilayahnya

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 April 2019   09:43 WIB

Komentar
Cuaca Ekstrem Masih Mengintai Sampai Mei, Ini Sebaran Wilayahnya

Cuaca ekstrem (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R. Prabowo Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengugkapkan bahwa potensi cuaca ekstrem masih akan berlangsung hingga 2 Mei mendatang. Dirinya menuturkan potensi cuaca ekstrem ini masih berlanjut akibat adanya aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) pada fase basah.

Melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (29/4), aktivitas MJO ini turut berperan dalam meningkatkan suplai massa udara basah di sebagian besar wilayah Indonesia. Sementara faktor lainnya, karena adanya pusaran angin yang juga teridentifikasi di sekitar Laut Sulawesi, Selat Makassar, Kalimantan Barat dan Laut Cina Selatan di utara Kalimantan.

Lebih lanjut Mulyono mengatakan, pusaran angin itu bisa menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

"Kondisi tersebut diprakirakan dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat dalam periode akhir April hingga awal Mei 2019," terang Mulyono.

Potensi hujan lebat untuk periode 28 April hingga 2 Mei 2019 dapat terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

Kemudian diikuti oleh Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara potensi gelombang laut setinggi 2,5 hingga 4 meter selama periode 25 April - 2 Mei 2019 diperkirakan terjadi di perairan barat Sabang - Banda Aceh, perairan barat Aceh, Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Enggano, Samudra Hindia barat Sumatra.

Selain itu perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali - Selat Lombok - Selat Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Bali, selatan NTT, dan Samudra Pasifik utara Papua.

“Kami meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, dan pohon tumbang,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: