Diterjang Topan Kenneth, 5 Tewas dan Ribuan Warga Mozambik Dievakuasi

TrubusNews
Syahroni
28 April 2019   23:00 WIB

Komentar
Diterjang Topan Kenneth, 5 Tewas dan Ribuan Warga Mozambik Dievakuasi

Topan Kenneth terjang Mozambik. (Foto : The New York Times)

Trubus.id -- Sedikitnya lima orang tewas di Mozambik utara setelah Topan Kenneth melakukan pendaratan bersejarahnya di wilayah tersebut, Kamis (25/4) malam. Tak hanya itu, banjir yang melanda akibat adanya topan ini diprediksi akan membuat lebih banyak nyawa dan harta benda dalam bahaya dalam beberapa hari mendatang.

Topan Kenneth adalah topan tropis pertama dengan kekuatan badai yang setara dengan yang menyerang provinsi Mozambik di Cabo Delgado, Mozambik sejak pencatatan modern dimulai 60 tahun yang lalu.

Menurut PBB, terjangan topan Kenneth menandai pertama kalinya dalam sejarah yang dicatat bahwa Mozambik telah dihantam oleh dua topan kuat di musim yang sama. Seperti diketahui, bulan lalu, bagian tengah negara itu dihantam oleh Topan Idai, yang mengakibatkan ratusan kematian.

Topan Kenneth sendiri itu membuat pendaratan pertamanya di Cabo Delgado, sekitar 100 km (62 mil) utara Pemba, pada akhir hari Kamis, waktu setempat. Kenneth memiliki angin berkelanjutan maksimum 10 menit 200 km / jam (124 mph), setara dengan angin topan Kategori 4 di Atlantik atau lautan Pasifik timur, saat bergerak ke darat.

Baca Lainnya : Usai Terjangan Topan Idai, Ancaman Penyakit Kolera Hantui Mozambik

Meteo France memperkirakan gelombang badai yang mengancam jiwa 3-5 meter (10-16 kaki) terjadi di sepanjang pantai, tepat di selatan daratan. Suite Radiometer Pencitraan Inframerah Terlihat NOAA-20 satelit (VIIRS) menangkap gambar Kenneth di malam hari di tengah jalan di Mozambik dan Tanzania.

Tim Palang Merah di Mozambik bagian utara melaporkan kerusakan parah di kota-kota dan komunitas yang menderita dilanda Kenneth pada Kamis malam. Seorang wanita terbunuh oleh pohon tumbang di Pemba, menurut The Associated Press. Dua orang lainnya terbunuh di Pulau Ibo. Ada laporan tentang kematian di distrik Macomia, dan rincian kematian kelima saat ini tidak tersedia.

Sebelum mencapai Mozambik, topan Kenneth juga membunuh tiga orang di negara pulau Komoro pada Rabu malam. Sekitar 90 persen rumah, yang sebagian besar terbuat dari tanah, mungkin telah hancur di desa utama di Pulau Ibo, Mozambik. Ibo terletak di dekat tempat Kenneth berada di darat. Listrik terputus di Pulau Ibo, di mana banyak penduduk juga kehilangan layanan telepon seluler ketika topan itu menjatuhkan menara.

Ada juga laporan "kerusakan parah" di rumah-rumah di Quissanga, menurut AP. Empat kapal tenggelam di lepas pantai Palma, tetapi semua orang selamat. Pemadaman listrik yang signifikan mengganggu Pemba, di mana angin bertiup hingga 70 km / jam (44 mph) sebelum instrumen pencatat cuaca berhenti melaporkan.

Ketika tim penyelamat berusaha mencapai desa-desa terpencil, ada kekhawatiran bahwa ribuan orang mungkin terperangkap, menurut BBC News. Hampir 700.000 orang mungkin terkena dampak topan itu, AP melaporkan badan penanggulangan bencana negara itu mengatakan, dengan banyak yang terpapar dan kelaparan di tengah meningkatnya air banjir. Namun, agensi memuji pemberitahuan sebelumnya dari Kenneth dalam mencegah situasi yang bahkan lebih mengerikan.

Baca Lainnya : 66 Tewas Serta 5.756 Rumah Hancur Akibat Banjir Bandang di Mozambik

Sementara angin kencangnya melemah secara dramatis, Kenneth akan merangkak melalui Mozambik timur laut akhir pekan ini dan terus melepaskan hujan lebat. Lebih banyak nyawa dan properti beresiko karena hujan lebat dapat memicu masalah banjir baru atau yang memperburuk.

"Bencana banjir dapat terjadi di Cabo Delgado di mana Kenneth menghantam daratan," menurut AccuWeather Senior Meteorologist Kristina Pydynowski.

"Hujan tambahan ke akhir pekan ini dapat mendorong AccuWeather Local StormMax ™ menjadi 600 mm (24 inci)." ujarnya lagi.

Hujan deras dapat menyebabkan aliran sungai, sungai dan saluran air pantai membanjiri tanah dan masyarakat sekitar.

"Ini adalah situasi yang mengancam jiwa karena daerah-daerah yang paling terpukul dapat terendam air," Pydynowski memperingatkan.

"Mereka yang perlu diselamatkan mungkin hanya bisa dijangkau dengan perahu atau helikopter." tandasnya lagi. Hujan deras dari Kenneth juga dapat mengalir ke bagian timur provinsi Mozambik, Nampula, serta menggerogoti tetangganya, Tanzania selatan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: