Jelang Bulan Puasa, Harga Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Alami Kenaikan

TrubusNews
Thomas Aquinus
27 April 2019   16:00 WIB

Komentar
Jelang Bulan Puasa, Harga Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Alami Kenaikan

Ilustrasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Menjelang masuk bulan puasa, harga beras dari berbagai jenis di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur diketahui mengalami kenaikan. "Kenaikan harga terjadi pada jenis-jenis beras kelas atas, seperti pandan wangi dan IR," ujar salah seorang pedagang PIBC, Giyarti, Jumat (26/4).

Giyarti mengungkapkan harga beras IR kelas pertama dalam dua pekan terakhir naik dari Rp10.500 per kilogram menjadi Rp11.000 per kilogram. Sementara itu, untuk harga beras IR kelas di bawahnya juga naik dari Rp10.000 per kilogram menjadi Rp10.400 per kilogram.

"Beras pandan wangi juga harganya naik dari Rp12.000 per kilogram menjadi Rp13.500 per kilogram," ujarnya.

Baca Lainnya : Jelang Ramadan dan Lebaran, 40 Ribu Ton Beras Disiapkan Pasar Induk Beras Cipinang

Menurutnya, kenaikan harga pada beras-beras jenis tersebut dipicu oleh hasil panen yang kurang maksimal saat musim panen pada April 2019 ini.

"Masih tingginya curah hujan dan adanya hama wereng mempengaruhi kualitas hasil panen kurang bagus sehingga pasokan beras dengan kualitas bagus sedikit berkurang, sementara permintaan mulai meningkat," katanya.

Seorang pedagang lainnya, Sarjiyem juga menyampaikan, bahwa kenaikan harga beras-beras jenis tersebut juga disebabkan banyaknya permintaan beras dengan kualitas bagus.

Menurutnya, banyak konsumen lebih memilih beras dengan kualitas bagus untuk menyumbang kepada masyarakat kurang mampu selama Ramadan sehingga berkontribusi terhadap kenaikan harga.

Baca Lainnya : Tambah Persediaan, Bulog Maluku Serap 601 Ton Beras Petani

"Selain permintaan untuk kebutuhan rumah tangga, permintaan juga terjadi dari masyarakat dengan kemampuan ekonomi berkecukupan untuk keperluan sumbangan pada bulan suci Ramadhan," ujarnya.

Selain itu, menurutnya, mulai berakhirnya musim panen padi di sejumlah daerah juga berkontribusi pada kenaikan harga beras.

salah seorang pembeli beras eceran, Zubaedi mengungkapkan, kenaikan harga beras menjelang Ramadan dinilai hal yang wajar. "Pada tahun-tahun sebelumnya juga pernah terjadi, apalagi menjelang Ramadan permintaan pasti lebih banyak," ujarnya. [NN]


 
SOURCE

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: