Miliki Spesies Terbanyak di Dunia, Indonesia jadi Pusat Keragaman Begonia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
25 April 2019   16:00

Komentar
Miliki Spesies Terbanyak di Dunia, Indonesia jadi Pusat Keragaman Begonia

Peneliti Begonia dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI), Wisnu Aji Handoyo. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Tanaman Begonia merupakan salah satu marga tumbuhan terbesar di dunia saat ini. Menurut data penelitian terakhir, ada 1.930 tanaman Begonia yang tersebar di seluruh dunia saat ini.

Daerah penyebaran Begonia ada di kawasan pantropis mulai dari Afrika, Amerika, Asia, hingga menyebar ke Kepulauan Pasifik. Untuk kawasan Asia sendiri, terdapat lebih dari 800 spesies Begonia. Dan hebatnya, Indonesia saat ini merupakan salah satu negara yang memiliki keragaman Begonia terbanyak di dunia.

Peneliti Begonia dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI), Wisnu Aji Handoyo bahkan mengungkapkan, Indonesia saat ini sudah menjadi pusat untuk keragaman marga tanaman Begonia. 

Peneliti Begonia yang akrab disapa Wisnu ini mengatakan, koleksi Begonia yang ada di Kebun Raya Bogor dan terbilang jenis baru ada 32 jenis Begonia. Di Indonesia sendiri, dirinya memperkirakan jumlah Begonia mencapai lebih dari 400 spesies. Selain itu, ada juga beberapa spesies Begonia yang hanya ditemukan di Indonesia. 

“Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, saya menemukan 32 jenis spesies Begonia baru di kawasan Indonesia,” kata Wisnu saat ditemui Trubus.id di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/4).

Lebih lanjut dijelaskan Wisnu, Begonia dapat dengan mudah dikenali dari gambaran umumnya. Dari perawakan, Begonia bisa dikenali dari batangnya yang tegak tumbuh ke atas atau memiliki umbi menempel. Sementara bentuk daun Begonia, dikatakan Wisnu sangat unik, sebab bentuknya tunggal hingga majemuk menjari.

“Kemudian bentuk bunganya memiliki kelamin yang berbeda, di tiap satu bunga Begonia memiliki satu kelamin, jantan dan betina tumbuh tersendiri di satu individu,” tambahnya.

Wisnu menambahkan, karakter buah Begonia ditemukan dua tipe buah yakni buah berdaging basah dan buah kapsul. Dikatakan Wisnu, ke dua tipe buah ini nantinya akan menjadi pembeda setiap jenis Begonia yang ada satu sama lainnya.

Selama ini diakui Wisnu, rata-rata Begonia banyak dijadikan tanaman hias karena memiliki bentuk daun yang sangat menarik. Namun demikian, beberapa spesies Begonia di China banyak juga yang dimanfaatkan untuk dijadikan bahan dasar teh.

“Pada dasarnya seluruh Begonia memiliki cita rasa asam bahkan juga bisa dikonsumsi. Beberapa orang pendaki gunung, khususnya di Gunung Gede Pangrango yang menemukan Begonia biasanya akan memakannya sebagai kudapan. Sebab kadar air Begonia sangat tinggi,” pungkasnya. [RN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 25 April 2019 - 20:57

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: