1.421 Pengrajin IKM Ramaikan Inacraft 2019 yang Dibuka Presiden Jokowi Hari Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
24 April 2019   12:30

Komentar
1.421 Pengrajin IKM Ramaikan Inacraft 2019 yang Dibuka Presiden Jokowi Hari Ini

Presiden Joko Widodo membuka pameran Inacraft 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu (24/4). (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Pameran bertajuk Jakarta Internastional Handicraft Trafe Fair (Inacraft 2019) yang merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara kembali digelar. Dalam gelaran ke 21 yang diselenggarakan tahun ini, sebanyak 1.421 peserta hadir dari seluruh wilayah di Indonesia yang terdiri dari pengrajin, pengusaha, produsen dan eksportir kerajinan.

Tak hanya menampilkan pengrajin lokal, acara ini juga dihadiri sejumlah negara sahabat seperti Maroko, Jepang, Polandia, Pakistan dan Hongkong yang turut berpartisipasi dalam semarak pameran dengan menampilkan kerajinan.

Di Inacraft 2019 ini mengangkat kesenian dan kebudayaan serta produk dari kerajinan unggul dari Betawi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai ikon pameran dengan tema "Jakarta Enjoyable Multicurtural Diversities" mendampingi tema sentral "From Smart Village to Global Market."

Inacraft 2019 diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Inacraft merupakan ajang pameran naik kelas dari tahun ke tahun, kualitas produk-produk semakin baik, dan memang itu yang kita inginkan, agar produk-produk kerajinan Indonesia naik kelas, naik kapasitas produksinya, naik kualitasnya, naik daya saingnya, naik desainnya dan naik pamornya, utamanya untuk kualitas ekspor," kata Jokowi saat ditemui di sela-sela pembukaan Inacraft 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu (24/4).

Lebih lanjut Jokowi memaparkan, jumlah Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerajinan di Indonesia saat ini sudah mencapai 700 ribu unit usaha, yang menyerap 1,3 juta tenaga kerja.

Sementara nilai ekspor IKM kerajinan juga ikut meningkat sebesar 1,26 persen dari total pangsa pasar dunia. Meski mengalami kenaikan Jokowi menilai masih. Tapi dirinya optimis nilai tersebut masih lebih besar lagi.

"Bayangkan kalau pangsa pasar naik artinya akan lebih banyak IKM yang berkembang naka jumlah tenaga kerja dan lapangan pekerjaan juga akan meningkat," tambahnya.

Untuk itu, Jokowi meminta pelaku IKM untuk selalu kreatif dan berinovasi dalam mendobrak pasar baik lasar nasional maupun internasional serta menghasilkan produk-produk kerajinan dan peningkatan kualitas produk.

Selain itu, Jokowi menekankan bahwa Inacraft online untuk terus dikembangkan. "Ini penting sekali, saya sangat mendukung Inacraft online di era digital," tandasnya. [RN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: