Peringati Hari Bumi, Mat Peci Ajak Masyarakat Peduli Sungai dan Lingkungan

TrubusNews
Syahroni
22 April 2019   22:30 WIB

Komentar
Peringati Hari Bumi, Mat Peci Ajak Masyarakat Peduli Sungai dan Lingkungan

Komunitas Mat Peci melepaskan ikan di Sungai Ciliwung dalam peringatan Hari Bumi, 22 April 2019.. (Foto : Trubus.id/ Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April setiap tahunnya. Momentum ini biasanya diambil untuk mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga bumi ini. Pencemaran terhadap bumi yang semakin parah harus dicegah.

Hari Bumi ini merupakan momentum penting untuk memulainya. Di Hari Bumi tahun ini, Masyarakat Peduli Ciliwung (MATPECI) mengadakan gerakan aksi peduli bersama Masyarakat, Pemerintah, dunia usaha, pelajar dan mahasiswa. 

Baca Lainnya : Peringati Hari Bumi, LIPI Lakukan Riset Optimalisasi Potensi Hayati dan Ekonomi Laut

Kegiatan tersebut antara lain bersih sungai, penanaman pohon dan Penebaran bibit ikan ke sungai Ciliwung. Dengan tagline 'Selamatkan Sungai Selamatkan Bumi', komunitas ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan sungai dan lingkungan sekitar.

Kegiatan sendiri dimulai dengan membersihkan bantaran Kali Ciliwung di Jalan Arus, RT 07/01, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ketua Mat Peci, Usman Firdauz menjelaskan, sampah-sampah plastik maupun dedaunan dipilah. Agar bisa dimanfaatkan lagi untuk kompos ataupun barang kreasi lainnya.

Baca Lainnya : Peringati Hari Bumi, Menteri LHK Mencanangkan Medan Zero Waste City 2020

"Kami juga melibatkan warga dan mahasiswa agar ke depan mereka semakin peduli dengan kebersihan lingkungan. Kalau kebersihan sungai contohnya kita jaga maka ekosistemnya juga akan terjaga," ucapnya.

Ia juga berencana menjadikan kawasan Kali Ciliwung di Jakarta Selatan sebagai tempat ekowisata. 

"Dari Pemkot Jakarta Selatan kita didukung peralatan yang kita butuhkan, sehinga kami semakin semangat. Ini bisa jadi destinasi wisata baru di Jakarta Selatan,” tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: