Tiap Kabupaten di Sultra Dihimbau Punya Perda Sampah

TrubusNews
Karmin Winarta
21 April 2019   17:00 WIB

Komentar
Tiap Kabupaten di Sultra Dihimbau Punya Perda Sampah

Sampah yang berserakan (Foto : Istimewa)

Sampah makin menjadi masalah yang serius. Tak hanya di kota-kota besar, sampah kini juga menjadi masalah di kota-kota kabupaten Karena itu gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengimbau pemerintah kabupaten/kota untuk membuat peraturan daerah (perda) mengenai penanganan sampah berkelanjutan. Selain itu perda tersebut juga berisi soal pengurangan pencemaran sampah plastik.

Menurutnya bBebas sampah bukan soal keindahan saja, namun yang lebih penting adalah kesehatan karena itu pemerintah harus mendukung dalam bentuk regulasi.  

Sebenarnya Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah telah berlaku. UU ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya bagi pengelolanya.

Ia meminta dukungan dari pemerintah kabupaten/kota yang mengatur pengelolaan maupun pembatasan penggunaan sampah plastik, mengurangi timbunan sampah plastik dan mencegah terjadinya pencemaran mikro plastik di darat maupun di laut.

Ali Mazi mengharapkan, jajaran pemerintah daerah melakukan kajian dampak lingkungan dengan mengoptimalkan peraturan Gubernur Nomor 86 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberdayaan Lingkungan.

"Jajaran Pemerintah Provinsi Sultra bersama pemerintah kabupaten/kota hingga pemerintahan tingkat desa/kelurahan dituntut memberi contoh penanganan lingkungan atau aksi cinta lingkungan," kata Ali Mazi.

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: