Inovasi Bio Discbrake Mahasiswa USU Raih Medali Emas di Rusia

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 0
19 April 2019   17:04

Komentar
Inovasi Bio Discbrake Mahasiswa USU Raih Medali Emas di Rusia

Dua mahasiswa USU yang memenangi award (Foto : Reza Perdana)

Trubus.id -- Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang tergabung dalam Tim Schneider meraih tiga medali emas di 22nd Moscow International Salon of Investions and Innovative Technologies Archimedes yang digelar di Rusia pada tanggal 26 hingga 29 Maret 2019.

Para mahasiswa tersebut berhasil mendapatkan tiga medali emas setelah berhasil melakukan inovasi, yaitu membuat produk yang diberinama Bio Discbrake.

Seorang peneliti yang juga merupakan anggota dari Tim Schneider, Winelda Mahfud Zaidan Haris mengatakan, Bio Discbrake merupakan produk Rem Kampas Berbahan Kemiri.

“Bio Discbrake merupakan produk kampas rem organik untuk roda dua yang terbuat dari cangkang atau kulit Kemiri,” katanya, Jumat (19/4). 

Ia menjelaskan, alasan menggunakan cangkang kemiri sebagai bahan utama karena tidak memberi efek negatif bagi si pemakai, dan juga orang-orang yang berada di lingkungan si pemakai.

“Karena jika dibandingkan dengan menggunakan asbestos, bahan untuk pembuatan kampas rem pada umumnya, si pemakai juga bisa mendapatkan efek negatif seperti bisa terkena kanker paru-paru,” jelasnya.

Ia menerangkan, keunggulan menggunakan kulit Kemiri adalah dari ketahanan lamanya, bisa sampai dua kali lipat dari produk biasa. Itu alasan kami memilih cangkang Kemiri sebagai bahan utama dari Bio Discbrake ini.

Wahid Nurhayat, yang juga bagian dari tim penelitian menyebutkan, produk tersebut untuk produksinya ketika manual akan lebih susah, namun dengan pendanaan yang besar akan lebih mudah dan tidak ada permasalahan yang besar.

“Tahap awal produksi yang akan dilakukan adalah sebanyak 2.000 batang untuk empat bulan dengan sumber dana dari Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) Kemenristek dengan harga mulai Rp 35ribu per batang,” terangnya.

Ia menuturkan, ke depan, ketika sudah mendapatkan beberapa kerjasama dengan perusahan-perusahan maka produk tersebut akan segera dikomersilkan untuk memproduksi yang lebih besar lagi.

“Untuk rencana pemasaran akan menargetkan dari bussines to bussines. Oleh karena itu kami berharap adanya kerjasama dengan perusahan-perusahaan bergerak di bidang sparepart agar kami bisa melakukan kerjasama,” tuturnya.

Ia mengatakan, produk Bio Discbrake tersebut sudah mengikuti kompetisi di lima negara dan 18 kota. 

“Untuk di lima negara yaitu pertama di India mendapatkan medali emas, kedua di Malaysia mendapatkan double gold, di Jepang mendapatkan runner up, di Amerika mendapatkan emas dan yang terakhir di Rusia mendapatkan tiga emas dan satu piala,” katanya.

usu

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: