Kelola Sampah di TPAS Pasirbajing, Pemkab Garut Gandeng Korea Selatan

TrubusNews
Syahroni
18 April 2019   19:30 WIB

Komentar
Kelola Sampah di TPAS Pasirbajing, Pemkab Garut Gandeng Korea Selatan

Tempat Pembuangan Sampah Pasirbajing, Garut. (Foto : Garut District)

Trubus.id -- Pengelolaan sampah yang baik tentunya menimbulkan dampak yang baik pula untuk lingkungan. Tak hanya menambah nilai, pengolahan sampah juga bisa menghasilkan energi. Hal itulah yang kini tengah dicoba Pemerintah Kabupaten Garut.

Untuk mengatasi permasalahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasirbajing, Pemkab Garut akan bekerja sama dengan Korea Selatan. Dengan teknologi dari negera tersebut, sampah di TPAS Pasirbajing akan diolah menjadi listrik dan briket.

Baca Lainnya : Pemerintah DIY Akan Pakai Teknologi RDF untuk Ubah Sampah jadi Briket

Bupati Garut, H Rudy Gunawan membenarkan kalau nantinya Pemkab Garut akan menjalin kerja sama dengan Korea Selatan untuk mengatasi masalah sampah yang saat ini menjadi permasalahan. 

“Kita jalin kerja sama dengan pihak Korea Selatan untuk mengatasi tumpukan sampah di TPAS Pasirbajing,” terangnya dilansir dari Radar Tasikmalaya, Rabu (17/4) kemarin.

Rudy menjelaskan, Korea Selatan dipilih karena negara itu sudah memiliki teknologi pengelolaan sampah yang baik.

Baca Lainnya : Jawa Barat jadi Pilot Project Teknologi Pengolahan Sampah Menjadi Solar

“Sampahnya nanti bisa dibakar dan jadi listrik. Sisa pembakaran bisa dipakai briket untuk bahan bakar lagi,” ujarnya.

Teknologi pengolahan sampah itu, kata dia, saat ini sudah diterapkan di Bogor.  “Saat ini masih dikaji dulu, tidak tahu kapan diterapkannya,” terangnya.

Rudy mengatakan teknologi pengolahan sampah akan diterapkan di TPAS Pasirbajing karena tempat pembuangan akhir itu dinilai sudah tak mampu menampung volume sampah yang dihasilkan di wilayah perkotaan Garut. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: