Gempa M 6,1 Guncang Taiwan, Warga Trauma Bencana 1999 Silam Terulang Lagi

TrubusNews
Syahroni
18 April 2019   18:30 WIB

Komentar
Gempa M 6,1 Guncang Taiwan, Warga Trauma Bencana 1999 Silam Terulang Lagi

Gempa M6,1 guncang Taiwan, Kamis (18/4) siang. (Foto : Daily Express)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan cukup besar melanda Taiwan, Kamis (18/4) siang. Dilansir dari Volcanodiscovery.com, gempa yang berkekuatan magnitudo 6,1 itu terjadi pukul 13.01 waktu setempat.

Dilaporkan, gempa berpusat pada kedalaman 19 kilometer Kota Hualien di pesisir timur. Akibat kejadian ini, getaran dilaporkan terasa hingga ibu kota Taipei, dan menggoyangkan beberapa bangunan bertingkat tinggi di kota tersebut.

Meski getaran gempa terasa cukup kuat, namun sejauh ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan maupun korban jiwa yang jatuh.

Baca Lainnya : 68 Orang Masih Tertimbun Runtuhan Bangunan di Taiwan

Beberapa warganet lokal juga menyebut bahwa gempa pagi tadi sebagai yang terkuat selama satu dekade terakhir.

Sementara itu, pascagempa M6,1 siang itu, gempa susulan juga terjadi tak lama kemudian. Menurut biro cuaca Taiwan, gempa susulan tercatat memiliki kekuatan magnitudo 4,1.

"Meski tidak sampai menghancurkan bangunan, namun gempa kuat selama 30 detik itu mampu menjatuhkan barang-barang di sini," ujar salah seorang saksi, seperti dikutip dari Express.co.uk.

Baca Lainnya : Gempa 6,4 SR Guncang Taiwan, Netizen Ramai Melaporkan Kerusakan

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi. Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa bumi di selatan pulau itu pada 2016, dan pada tahun 1999, gempa berkekuatan 7,6 menewaskan lebih dari 2.000 orang.

"Kami merasakan gempa itu, bangunan bergerak secara vertikal dan itu lebih serius dari biasanya," kata Georgia Kao, seorang warga Taipei, kepada Al Jazeera.

"Saya sangat takut. Ini mengingatkan saya pada gempa bumi tahun 1999. Bangunan bergerak naik dan turun, lalu kanan ke kiri. Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka pintu dan meraih kedua anak perempuan saya. Untungnya, itu tidak berlangsung lama. panjang." ujarnya lagi. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: