Kabupaten Penajam Hasilkan Cabai Rawit 10.000 Ton per Bulan

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 April 2019   07:00 WIB

Komentar
Kabupaten Penajam  Hasilkan Cabai Rawit 10.000 Ton per Bulan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Produksi cabai kecil lokal atau rawit di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, cukup melimpah dan dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan masyarakat di daerah itu.

"Produksi petani cabai kecil di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai sekitar 10.000 ton per bulan," jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie, Selasa (16/4) seperti Dikutip Antara. 

Sedangkan kebutuhan cabai rawit masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut ia, lebih kurang 2 sampai 3 ton per bulan, sehingga produksi lokal cabai kecil cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Baca Lainnya : Produksi Cabai Melimpah, Petani: Disdag dan Bulog Tolong Intervensi Harga

Dengan berlimpahnya produksi cabai kecil tersebut, jelas Surito, komoditas cabai rawit produksi petani Kabupaten Penajam Paser Utara juga bisa digunakan untuk menyuplai kebutuhan masyarakat di daerah sekitarnya seperti Kota Balikpapan.

"Produksi petani lokal cabai rawit bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan juga dijual ke pasaran Kota Balikpapan," ujarnya.

Luas areal lahan tanam cabai kecil milik masyarakat yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini mencapai sekitar 80 hektare.

Berlimpahnya produksi cabai kecil tersebut menurut Surito, juga didukung dengan program kawasan rumah pangan lestari yang dikembangkan di empat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca Lainnya : Waspada Penyakit Musim Hujan Pada Cabai, Ini Upaya Kementan

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara katanya, menjalankan program kawasan rumah pangan lestari dari pemerintah pusat.

"Salah satu produksi program kawasan rumah pangan lestari itu cabai rawit untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Penajam Paser Utara," ucapnya.

Dalam pogram kawasan rumah pangan lestari tersebut kelompok tani wanita di Kabupaten penajam Paser Utara menanam cabai kecil di pekarangan rumah agar kebutuhan di desa/kelurahan terpenuhi.

Program kawasan rumah pangan lestari dikembangkan dengan pemanfaatan petak lahan pekarangan untuk tanaman produktif yang dibutuhkan sehari-hari bagi keluarga dan memberdayakan potensi pangan lokal. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: