Tebing Longsor di Gunung Gelap, Putus Akses Jalan Menuju Kabupaten Garut

TrubusNews
Astri Sofyanti
16 April 2019   20:30 WIB

Komentar
Tebing Longsor di Gunung Gelap, Putus Akses Jalan Menuju Kabupaten Garut

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Sejak Selasa (16/4) pagi, hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dampaknya, tebing di kawasan Gunung Gelap, Kecamatan Cihurip mengalami longsor yang mengakibatkan jalan menuju Kabupaten Garut terputus.

“Kejadian longsor terjadi tadi pukul 13.00 WIB. Sampai saat ini arus lalu lintas masih terputus karena sebagian besar badan jalan tertutup material longsor sehingga belum bisa dilalui kendaraan,” kata Komandan Koramil Singajaya, Kapten Iyus Rustandi di lokasi, Selasa (16/4) mengutip Merdeka.

Baca Lainnya : Tanah Retak, Puluhan Warga di Garut Tinggalkan Rumah

Lebih lanjut dirinya melaporkan bahwa material longsor hampir menutup badan jalan setinggi satu meter dengan panjang mencapai delapan meter. Diketahui, akses jalan yang tertutus merupakan jalur utama menuju kawasan Garut selatan seperti Cisompet, Pameungpeuk, Cikelet, hingga Cibalong. 

“Untuk sementara jalan ini belum bisa dilewati kendaraan bauk roda dua ataupun roda empat," tambahnya.

Baca Lainnya : Jalur Cisewu Menuju Caringin Terputus Akibat Longsor di Garut

Meski begitu, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. Sampai saat ini, tim gabungan yang meliputi anggota TNI dari Koramil Singajaya bersama aparat desa dan warga sekitar masih berupaya melakukan pembersihan material longsor dengan alat seadanya.

“Kami masih menunggu alat berat untuk mempercepat proses pembersihan material longsor yang menutupi jalan berupa tanah hingga bebatuan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa curah hujan tinggi diperkirakan masih terus terjadi sehingga longsor susulan bisa kapan saja terjadi, sehingga kewaspadaan terus ditingkatkan untuk meminimalisir korban jiwa. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: