Buoy Merah Putih di Perairan Sekitar GAK Mampu Kirim Data Setiap 15 Detik Sekali

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
15 April 2019   19:30

Komentar
Buoy Merah Putih di Perairan Sekitar GAK Mampu Kirim Data Setiap 15 Detik Sekali

Buoy Merah Putih sudah terpasang di Perairan Sekitar Gunung Anak Krakatau. (Foto : Doc/ BPPT)

Trubus.id -- Belum lama ini, Badan pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menciptakan alat pendeteksi gelombang tsunami yang diberinama Buoy Merah Putih. Alat ini sendiri pertama kali diperkenalkan pada publik Rabu (10/4) pekan lalu.

Dengan alat karya anak bangsa ini diharapkan, jatuhnya korban akibat bencana gelombang tsunami bisa diminimalisir. Pasalnya, dengan kecanggihannya, Buoy Merah putih bisa mengirimkan data yang dibutuhkan setiap satu jam sekali. Bahkan saat terjadi gejala tsunami, Buoy Merah putih bisa mengirim data setiap 15 detik sekali.

Baca Lainnya : Buoy Merah Putih, Siap Informasikan Kedatangan Tsunami

Alat ini sendiri kini telah terpasang di perairan sekitar Gunung Anak Krakatau (GAK). Butuh waktu 3 hari hingga alat ini bisa terpasang di lokasi tersebut hingga lancar memancarkan sinyalnya. 

Ketua Tim Buoy Merah Putih BPPT, Alfi Rusdiansyah mengatakan, alat itu dipasang Minggu (14/4) kemarin dan telah berfungsi dengan normal. Di antaranya, telah berhasil mengirim sinyal berupa informasi data gelombang laut. Sinyal tersebut terkirim dan diterima secara langsung ke Pusat Data Buoy Indonesia (PDBI) di kantor BPPT Jakarta.

Dia menjelaskan, untuk mencapai titik pemasangan, yakni di antara Gunung Anak Krakatau dan Pulau Sertung, dibutuhkan waktu 12 jam perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Lainnya : Jepang Berhasil Tekan Jumlah Korban Gempa dan Tsunami dengan Cara Ini

Selama perjalanan, tim BPPT melakukan pengecekan elektronik dan mekanik. Kemudian, memasuki proses batimetri atau pemetaan dasar laut. Proses itu dilakukan untuk menentukan lokasi pemasangan OBU (sensor pendeteksi tsunami). Dalam prosesnya, tim sempat mengalami kendala. 

“Yakni, cuaca dan gelombang yang cukup tinggi,” jelasnya.

Keberhasilan pemasangan Buoy Merah Putih disambut baik Kepala BPPT, Hammam Riza. Ia menjelaskan, program itu adalah salah satu upaya pemerintah untuk menjaga warga dari ancaman bencana tsunami. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: