Pelajar SMAN 1 Medan Terbang ke Jerman Setelah Buktikan Semut Setia Kawan

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
13 April 2019   19:00

Komentar
Pelajar SMAN 1 Medan Terbang ke Jerman Setelah Buktikan Semut Setia Kawan

Dua pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Medan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Jerman (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Dua pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Medan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Jerman berkat hasil penelitian tentang semut. Keduanya berhasil menjuarai Indonesian Fun Science Award (IFSA) di Tangerang beberapa waktu lalu.

Zahra Annisa Fitri adalah pelajar siswi kelas XII, dan Nadya Kairussifa, siswi kelas X. Keduanya berhasil menemukan bahwa perilaku semut benar-benar sebagai hewan setia kawan.

Saat memulai untuk melakukan penelitian, mereka sempat menghadapi beberapa kesulitan. Salah satu kesulitan adalah menangkap semut, karena mereka menggunakan semut hitam atau semut tukang kayu.

Baca Lainnya : Operasi Semut HPSN 2019 di Kupang Hasilkan 20.711 Kilogram Sampah

“Jenis semut ini dipilih karena mudah ditemui di sekitar sekolah dan ukuranya cukup besar untuk dijadikan bahan penelitian,” kata Zahra, Sabtu (13/4).

Gadis berusia 15 tahun itu menjelaskan, hasil dari penelitian terhadap semut yang dimasukan ke dalam wadah yang diisi nasi dan gula didapatkan beberapa reaksi.

Reaksi pertama, semut menghampiri temannya yang terperangkap, kemudian menghampiri makanan yang terdapat dua pilihan, nasi dan gula.

“Pada reaksi pertama, 60 persen semut lebih memilih untuk menghampiri dan menolong temannya,” ujarnya.

Baca Lainnya : Ternyata, Semut Mengenal 'Cuti Kerja' untuk Cegah Penularan Penyakit

Kemudian pada reaksi kedua, semut lebih memilih untuk mengambil makanan yang berkarbohidrat, yaitu nasi dibandingkan gula. Dari penelitian juga terjawab, semut merupakan hewan setia kawan.

“Penelitian yang kami lakukan juga sesuai dengan buku-buku yang dibaca sebelumnya,” ucapnya.

Zahra menjelaskan, salah satu alasan mengapa semut setia kawan karena memiliki feromon yang digunakan untuk berinteraksi atau memberikan sinyal antara yang satu dengan yang lain.

Diakuinya, saat melakukan penelitian juga mendapatkan peristiwa unik. Ada semut yang ingin menolong temannya tetapi ikut terperangkap. Akhirnya mencoba menolong dirinya sendiri.

“Lalu semut itu menuju ke makanan, hanya saja balik lagi dan menolong temannya,” ungkapnya.

Baca Lainnya : Teknisi Kuku Ini Diprotes Karena Memulai Tren Manikur dengan Semut Hidup

Kemudian, dalam penelitian, Zahra dan Nadya juga menemukan peristiwa saat semut sedang terperangkap dan kakinya lengket hingga patah. Semut yang lainnya mengangkut dan mendorong ke nasi agar ikut makan. 

“Nah, dari situ kami melihat, semut benar-benar merupakan hewan yang setia kawan,” ungkapnya.

Guru pendamping Nadya dan Zahra, Ipa Ratna Mutiara, mengaku sempat merasa lucu, karena asumsi yang berkembang di masyarakat semut bergerombol menunjukkan mereka sangat kompak.

“Begitu juga ketika membawa makanan, semut akan terlihat sangat kompak,” ujarnya.

Saat Ipa melihat lagi tema dari kompetisi, dirinya merasa penelitian kedua muridnya sesuai, karena yang masuk 20 besar adalah penelitian yang tidak serius tetapi lucu.

“Pesan dari penyelenggara kepada peserta untuk jangan takut melakukan penelitian. Banyak hal di sekitar yang bisa dijadikan sebagai bahan penelitian,” ungkapnya.

Baca Lainnya : Odontomachus Minangkabau, Semut Jenis Baru dari Sumatra

Proses penelitian yang dilakukan Nadya dan Zahra dimulai dari akhir Desember 2018 hingga akhir Januari 2019 saat liburan sekolah. Ketika masuk sekolah, mereka telah mendapatkan hasil dan masuk 20 besar.

Kemudian mereka terbang ke Tangerang. Di sana mereka presentasi di depan dewan juri, dan berhasil keluar sebagai juara. Hadiahnya jalan-jalan ke Jerman.

Kepala Sekolah SMAN 1 Medan, Suhairi mengakui, keberhasilan dua pelajarnya dalam meraih juara adalah hal yang luar biasa, dan penghargaan.

“Sekolah memberikan apreasiasi setinggi-tingginya kepada keduanya,” tandas Suhairi. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 13 April 2019 - 21:39

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: