Gempa Sulawesi Tenggara, Waspadai Tsunami di Lokasi-lokasi Ini

TrubusNews
Syahroni
12 April 2019   19:45 WIB

Komentar
Gempa Sulawesi Tenggara, Waspadai Tsunami di Lokasi-lokasi Ini

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gempa dengan kekuatan M 6,9 mengguncang wilayah Sulawesi Tenggara, Jumat (12/4). Getaran terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Saat kejadian, masyarakat panik dan keluar dari rumah.

Guncangan gempa juga dilaporkan terasa cukup kuat di Kab. Luwu Timur. Lamanya sekitar 4 detik. Dalam keterangan resminya, Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, gempa berpotensi tsunami di Kabupaten Morowali. Petugas BPBD setempat hingga kini belum juga bisa dihubungi.

Sementara itu, BMKG juga menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. Artinya Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai.

Selain itu guncangan gempa juga dirasakan kuat di Kabupaten Banggai. Di daerah ini, wilayah yang berpotensi terjadi tsunami adalah di Kecamatan Toili. 

Sutopo menambahkan, upaya yang dilakukan saat ini adalah Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk segera mengungsi. [RN]
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: