Masa Karantina Berakhir, Bagaimana Kondisi Harimau Inung Rio Saat Ini?

TrubusNews
Syahroni
12 April 2019   21:30 WIB

Komentar
Masa Karantina Berakhir, Bagaimana Kondisi Harimau Inung Rio Saat Ini?

Harimau Inung Rio saat dievakuasi petugas BBKSDA Riau. (Foto : Doc/ BBKSDA Riau)

Trubus.id -- Masa karantina harimau Sumatera, Inung Rio yang sebelumnya terjerat kawat baja di kawasan restorasi ekosistem Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, sudah berakhir. Luka di kaki depan kirinya pun kini mulai membaik sehingga tak perlu diamputasi.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan, luka harimau berbobot sekitar 90 kilogram itu mulai tertutup. Kedalaman luka yang awalnya mencapai empat centimeter mulai mendangkal.

Baca Lainnya : Kondisi Terkini Inung Rio, Harimau yang Terjerat Kawat Baja di Riau 

"Kesembuhan luka jerat menunjukkan progres yang baik," kata pria yang akrab disapa Haryono ini kepada Trubus.id, Jum'at (12/4).

Haryono menerangkan, masa karantina harimau berusia empat tahun itu berlangsung 14 hari. Karantina dimulai ketika si Datuk Belang tiba di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya pada 29 Maret 2019 silam.

"11 April 2019 masa karantina berakhir, lalu dilanjutkan dengan treatment pada 12 April, baik secara topikal ataupun sistemik," jelas Haryono.

Baca Lainnya : Harimau Inung Rio Ternyata Hanya Mau Minum Air Gambut

Selama karantina berlangsung, luka yang dialami Inung Rio tak begitu menghambat aktivitasnya. Dia aktif berkeliling di dalam kandang dengan sifat keliarannya seperti masih berada di alam liar.

Hal ini wajar karena selama ini Inung Rio belum pernah berinteraksi dengan manusia. Sifat kewaspadaan masih tinggi dan langsung mengeluarkan suara peringatan ketika didekati manusia.

"Untuk nafsu (makan) sangat baik, selama ini diberi daging babi dan selalu habis," ucap Haryono. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: