Wacana Penutupan Pulau Komodo Akan Diputuskan Akhir Desember Mendatang

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 April 2019   17:30 WIB

Komentar
Wacana Penutupan Pulau Komodo Akan Diputuskan Akhir Desember Mendatang

Ilustrasi (Foto : DOC/ Antara-Muhammad Adimaja)

Trubus.id -- Wacana terkait rencana penutupan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sampai saat ini terus bergulir. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, rencana penutupan Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) telah mendapat restu dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Rencana penutupan suatu taman nasional atau bagian dari taman nasional (termasuk TN Komodo) merupakan kewenangan KLHK, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2015.

Baca Lainnya : Hindari Mass Tourism, Usai Konservasi Pengunjung TN Komodo Akan Dibatasi

Sampai saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masih menunggu keputusan soal perlunya penutupan sementara Pulau Komodo. KLHK masih menunggu hasil kajian dan rekomendasi dari tim terpadu.

“Hal ini sesuai dengan hasil rumusan Rapat Koordinasi Pengelolaan Kawasan Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Provinsi NTT, di Jakarta, pada 6 Februari 2019, yang dihadiri Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kabupaten Manggarai Barat, yang antara lain menyatakan bahwa penutupan sementara kawasan Taman Nasional (TN) Komodo atau Pulau Komodo akan diputuskan atas pertimbangan ilmiah dan kondisi tertentu,"  ungkap Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno, beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya : KLHK: Penutupan Sementara TN Komodo Dimungkinkan Atas Pertimbangan Ilmiah

Artinya, tim terpadu yang dibentuk KLHK dan Pemerintah Provinsi NTT ini dibuat berdasarakan riset terlebih dahulu. Mengutip Detik, Jumat (12/4), tenggang waktu yang ditentukan oleh KLHK adalah hingga bulan Juli mendatang.

Kunjungan lapangan tim terpadu itu diproyeksikan pada minggu III bulan April 2019, serta berkonsultasi dengan para pihak salah satunya pelaku wisata alam, termasuk dengan Badan Otoritas Labuan Bajo.

Dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (12/4), Wiratno kembali menegaskan bahwa, penutupan kawasan Pulau Komodo masih sebatas wacana dan baru akan diputuskan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Situ Nurbaya pada akhir Desember mendatang. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: