Produksi Beras Nasional 4 Tahun Terakhir Meningkat, Peluang Ekspor Terbuka Lebar

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 April 2019   16:30 WIB

Komentar
Produksi Beras Nasional 4 Tahun Terakhir Meningkat, Peluang Ekspor Terbuka Lebar

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) 4 tahun terakhir terus mendongkrak produksi padi di seluruh penjuru negeri. Hasilnya, produksi beras skala nasional mulai mengalami peningkatan. Melihat potensi tersebut, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) pun berencana melakukan ekspor beras, mengingat masa panen di sejumlah daerah masih akan berlangsung hingga akhir bulan April.

Seperti diberitakan kantor berita Bloomberg, jumlah beras yang melimpah di gudang-gudang Bulog menguatkan wacana bahwa Indonesia mampu melakukan ekspor beras. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas). Instansinya memang berencana melakukan ekspor beras ke sejumlah negara.

Baca Lainnya : Lembaga Pangan Malaysia Tertarik Bisnis Beras dengan Bulog

Wacana ini juga didukung oleh lembaga pangan setempat Padiberas Nasional Berhad (Bernas) Malaysia melalui Kepala Departemen Industri Penelitian dan Analisanya, Salman Muhammad. Ia mengaku tertarik menjalin kerjasama perdagangan beras dengan Perum Bulog Indonesia.

Pihaknya mengakui bahwa ada upaya jaminan ketersediaan pangan yang berkualitas premium. Langkah tersebut juga dilakukan untuk menjawab rasa percaya pada kualitas beras Indonesia.

Baca Lainnya : Jokowi Pamer Produksi Beras Tahun 2018 yang Capai 33 Juta Ton

"Sudah sejak lama kami mengetahui kualitas beras Bulog yang sangat baik ini. Sehingga kami memandang perlu dilakukan kerjasama lebih serius yang bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi kedua negara," kata Salman dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia belum lama ini.

Merespon hal tersebut, Direktur Komersial Perum Bulog, Judith Dipodiputro menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kepercayaan Malaysia pada beras Indonesia. Kata Judith, pertemuan ini penting untuk mengidentifikasi kualitas pasar beras serta membuka adanya kemungkinan peluang ekspor.

"Kita berharap Bernas dan Bulog dapat membangun kerja sama strategis jangka panjang di bidang pangan atau komoditas lain," paparnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: