Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Masih Jauh dari Ideal, Ini Buktinya

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 April 2019   13:30 WIB

Komentar
Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Masih Jauh dari Ideal, Ini Buktinya

Sigit Kusumawijaya Co founder Indonesia Berkebun (Foto : Trubus.id/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta baru 9,98 persen, padahal idealnya suatu kota besar memiliki 30 persen Ruang Terbuka Hijau dari total luas wilayahnya.

Dalam Undang Undang Nomor 26 Tahun tahun 2007 tentang penataan ruang tertulis bahwa 30 persen wilayah kota harus berupa RTH yang terdiri dari 20 persen publik dan 10 persen privat. RTH publik adalah RTH yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota/kabupaten yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum.

Sementara, RTH Privat yakni RTH milik institusi tertentu atau orang perseorangan yang pemanfaatannya untuk kalangan terbatas antara lain berupa kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta yang ditanami tumbuhan.

Baca Lainnya : Tiga Ruang Terbuka Hijau Siap Percantik Jogja Tahun Ini

Dengan jumlah luasan RTH yang ada saat ini, DKI Jakarta masih membutuhkan Ruang Terbuka Hijau sekitar 10 persen lagi.

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta menargetkan capaian 30 persen RTH bisa terjadi pada 2030 mendatang.

“Untuk mencapai target RTH sebesar 30 persen ini, dibutuhkan belasan lahan seluas Monas untuk mencapai 30 persen tersebut,” kata Sigit Kusumawijaya Co Founder Indonesia Berkebun kepada Trubus.id di Jakarta, Jumat (12/4).

Baca Lainnya : Wisma Hijau Panen Jahe Emprit Organik di Ruang Terbuka Hijau

Sigit menyampaikan bahwa penyediaan RTH juga bertujuan untuk menjaga ketersediaan lahan sebagai kawasan resapan air.  Selain itu juga untuk meningkatakan keserasian lingkungan perkotaan sebagai sarana lingkungan perkotaan yang aman, nyaman, segar, indah, dan bersih hingga keberlanjutan suatu kota untuk keseimbangan ekologi.

Melihat besarnya fungsi dan peran RTH untuk menjamin kesimbangan kota, Deputi Klimatologi, Badan Meteorologi, KLimatologi dan Geofisika (BMKG) Herizal berharap jika RTH di Jakarta bisa mencapai 30 persen, temperature udara akan menurun hingga serapan air menjadi lebih baik sehingga bisa meminimalisir dampak banjir. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bambang Ismawan Ungkap Tantangan Mendirikan Majalah Trubus

Peristiwa   06 Des 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: