Bencana Banjir Bandang Kepung Iran, 60 Ribu Warga Dievakuasi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 April 2019   12:00

Komentar
Bencana Banjir Bandang Kepung Iran, 60 Ribu Warga Dievakuasi

Banjir di Iran (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Akibat cuaca ekstrem, Iran tengah dilanda banjir dahsyat. Kondisi tersebut membuat otoritas Iran memerintahkan warga di Kota Ahvaz, Iran barat daya, untuk segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Sebagaimana diberitakan kantor berita Tasnim mengutip AFP, Kamis (11/4), banjir kembali menerjang Iran sejak Rabu (10/4).

Gubernur Khuzestan, Gholamreza Shariati melaporkan, banyak warga yang menolak dievakuasi dan lebih memilih menetap di rumah. Shariati, memerintahkan evakuasi di lima distrik sebagai upaya pencegahan guna menghindari korban jiwa.

"Ini sebagai langkah antisipasi untuk mencegah segala bahaya," tegas Gholamreza.

"Kami tidak dapat meninggalkan rumah-rumah. Setiap rumah tangga memiliki setidaknya tiga anak, kami memiliki banyak ternak, kerbau, perabotan," kata seorang warga Iran yang tak mau disebutkan identirasnya.

Meski banjir telah merendam lantai satu rumahnya, ia tetap bertahan menunggu banjir surut.

Gubernur Shariati mencatat sebanyai 60 ribu sampai 70 ribu orang harus dievakuasi akibat banjir tersebut.

“Para pemuda membantu kami membangun tanggul dan melakukan evakuasi bagi para lansia, perempuan dan anak-anak,” ungkapnya.

Sementara di wilayah Khuzestan volume banjir diperkirakan masih akan meningkat mengingat hujan deras masih terus terjadi.

Bencana banjir kali ini begitu parah dan belum pernah terjadi sebelumnya di Iran. Bahkan otoritas Iran mencatat sebanyak 70 orang meninggal dunia akibat banjir.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: