Gempa Magnitudo 5 Guncang Garut, Getarannya Terasa Hingga Bandung

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 April 2019   09:09 WIB

Komentar
Gempa Magnitudo 5 Guncang Garut, Getarannya Terasa Hingga Bandung

Gempa bumi, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitude 5 mengguncang Kabupeten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/4) pukul 00:37:49.

Berdasarkan keterangan resmi, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Kamis (11/4) mengungkapkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 5,1 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5.

BMKG mencatat, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,25 Lintang Selatan (LS) dan 107,29 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 kilometer arah barat daya Kota Garut, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 47 kilometer.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik," ucap Triyono.

Berdasarkan laporan warga, dampak gempa tektonik tersebut teraca hingga Cibaduyut, Pangalengan, Garut, Cianjur, Ciamis, Sukabumi, serta Bandung.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Berdasarkan pemantauan hingga pukul 01.04 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkas Triyono.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: