Kementan Tegaskan, Swasembada Bawang Putih Tercapai pada 2021

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
10 April 2019   12:00

Komentar
Kementan  Tegaskan, Swasembada Bawang Putih Tercapai pada 2021

Bawang putih (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura, Kementan. Yasid Taufik membeberkan Kementan tak hanya mengatur pola tanam bawang merah sebagai upaya pengamanan harga dan pasokan. Bawang putih pun mendapat fokus serupa dengan target swasembada pada 2021 nanti.

"Kami konsolidasi pada level on farm, yaitu bagaimana meningkatkan luas tanam bawang putih di sentra - sentra yang memiliki ketinggian di atas 800 m dpl," cetusnya.

"Kami juga perlu menyediakan benih untuk memperluas bawang putih. Oleh karena itu produksi yang dihasilkan keseluruhannya untuk benih. Kami targetkan 2021 bisa tercapai," tambah Yasid.

Figur Pengusaha Muda Pertanian

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berusaha menciptakan petani muda yang mau turun ke ladang. Tak berbeda jauh, pengusaha muda bidang pertanian turut mewarnai jaminan ketersediaan pangan.

Misalnya, pengusaha muda yang sekaligus CEO PT Aman Buana Putra, Aman Buana Putra mengatakan perusahaannya merupakan perusahaan ekspor impor pangan yang pernah beberapa kali ekspor bawang ke beberapa negara ASEAN mengaku tertarik berbisnis di bidang pertanian yang berkaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak. 

Tak melulu soal keuntungan bisnis, pengusaha yang baru berusia 26 tahun ini, mengaku berhubungan dengan para petani menambah wawasan dan cakrawala hidupnya.

"Kita hidup pasti perlu makan. Makan itu hasil pertanian. Apa yang kita makan itu hasil pertanian. Dengan dekat dengan petani, kita jadi tahu kekurangan dan kelebihan kita apa, apa yang harus kita bantu untuk mereka. Ini demi pertanian bangsa Indonesia," ujar Aman.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: