3 Desa di Bengkayang, Kalbar Terisolir Akibat Longsor

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 April 2019   10:35 WIB

Komentar
3 Desa di Bengkayang, Kalbar Terisolir Akibat Longsor

Tanah Longsor, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Akibat intensitas hujan tinggi di wilayah perbatasan antara Indonesia-Malaysia, akses jalan paralel di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) longsor sejak Selasa (9/4) malam.

Material longsoran menutup akses jalan ke desa-desa lain. Dilaporkan tiga desa terisolir akibat longsor tersebut.

Kepala Desa Pala Pasang, Antonius Angue dikutip Antara, Rabu (10/4) mengungkapkan, dampak dari longsor tersebut memutus akses jalan yang menghubungkan Desa Pala Pasang menuju Desa Suruh Tembawang kemudian ke wilayah Desa Sungkung 1, Sungkung 2, dan Sungkung 3 di Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia lumpuh total.

Pihaknya menduga longsor terjadi karena dipicu adanya proyek jalan yang tidak dibangun box culvert (saluran air) atau jembatan di atas Sungai Engkek, sungai kecil yang ada di wilayah tersebut.

Warga desa yang terisolir terpaksa harus melewati Sungai Engkek jika ingin berpergian. "Warga terpaksa lewat bawah atau sungai. Kalau lagi deras airnya bisa berbahaya juga bagi warga yang melintas. Bisa-bisa hanyut," tambahnya.

Dirinya berharap pihak terkait segera memperbaiki dan membuat saluran air atau membangun jembatan sehingga akses jalan yang menghubungkan antardesa bisa kembali seperti sedia kala.

"Warga jadi susah beraktivitas karena kerusakan ini. Saya dan warga berharap ini menjadi perhatian pemerintah," pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: