Buoy Merah Putih, Siap Informasikan Kedatangan Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti
09 April 2019   17:00 WIB

Komentar
Buoy Merah Putih, Siap Informasikan Kedatangan Tsunami

Alat pendeteksi tsunami/Buoy. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Alat pendeteksi Tsunami (Buoy) merupakan alat strategis yang dipasang di laut guna menginformasikan terjadinya pergerakan permukaan laut yang diakibatkan oleh tsunami. Di daerah-daerah rawan tsunami, buoy sudah banyak ditempatkan. Namun sayangnya, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengakui, buoy yang dipasang sejak tahun 2012 silam di sejumlah perairan rawan tsunami kini kondisinya banyak yang rusak. Padahal alat tersebut berperan penting untuk menginformasikan datangnya tsunami. Ia menjelaskan, alat yang dilengkapi sensor ketinggian permukaan air ini berperan dalam mengirimkan informasi ketinggian gelombang saat tsunami terjadi kepada institusi terkait. 

Di kawasan Gunung Anak Krakatau sendiri alat pendeteksi tsunami memiliki peran yang sangat penting. Karena itu, dalam waktu dekat ini, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), akan memasang kembali buoy di sekitar kawasan tersebut. Hal tersebut disampaikan Kepala BPPT, Hammam Riza belum lama ini.

“Alat pendetsksi Tsunami ini diberi nama Bupy Merah Putih,” terang Hammam di Jakarta, Selasa (9/4) mengutip Medcom.

Lebih lanjut diakui Hammam, rencana pemasangan Buoy Merah Putih ini akan dilakukan pada Rabu 10 April 2019. Pemasangan buoy ini diprediksi akan memakan waktu 2 sampai 3 hari dengan menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya milik BPPT. Hammam mengungkapkan, pemasangan buoy tak hanya dipasang di Selat Sunda saja, tapi juga akan dipasang di pesisir Barat Bengkulu dan Selatan Jawa Barat. [RN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: