Tebing 20 Meter Longsor, Akses Jalan Pekalongan-Banjarnegara Putus

TrubusNews
Astri Sofyanti
09 April 2019   15:30 WIB

Komentar
Tebing 20 Meter Longsor, Akses Jalan Pekalongan-Banjarnegara Putus

Jalan penghubung Pekalongan-Banjarnegara lumpuh total karena tertutup material longsor. (Foto : DOC/ Okezone-Elis Novit)

Trubus.id -- Hujan deras yang melanda wilayah Jawa Tengah mengakibatkan tebing setinggi 20 meter di Jalan Sibelis, Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan longsor. Akibat kejadian ini, arus lalu lintas di jalan yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan ke Kabupaten Banjarnegara lumpuh total karena tertimbun metrial longsoran.

Tanah yang amblas dari tebing tersebut mencapai 6 meter. Kawasan tersebut juga diketahui merupakan ruas jalan dengan tikungan tajam serta jalan yang menanjak dan menurun.

Baca Lainnya : Tebing 20 Meter Longsor, Jalur Dieng Terputus

Berdasarkan laporan petugas di lokasi, ruas jalan tersebut memang rentan terjadi longsor, terlebih saat curah hujan tinggi. Hal ini karena pada ruas jalan sisi kanan terdapat tebing setinggi 20 meter dengan panjang mencapai 30 meter.

Baca Lainnya : Tebing 10 Meter di Kabupaten Bandung Longsor, Akses Jalan Terputus

Sebelumnya, pada bulan Februari lalu dilaporkan kawasan tersebut juga terjadi longsor, sehingga longsoran kali ini dirasa semakin parah kondisinya. Diakui, Mitro, warga sekitar, Selasa (9/4) mengutip Detik, longsor di kawasan tersebut kerap terjadi saat musim hujan.

Sementara itu, hingga hari ini, petugas masih melakukan pembersihan material longsoran yang menutup sebagian besar ruas jalan. Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Ari Prayitno menjelaskan, dalam situasi ini kendaraan yang melintas harus bergantian karena sebagian besar ruas jalan tertimbun material longsor. Selain itu, dirinya juga meminta pengguna jalan untuk berhati-hati karena pascalongsor, ruas jalan akan semakin licin bisa membahayakan dan terjadi kecelakaan jika pengemudi tak berhati-hati. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Menteri ESDM: Pemotongan Subsidi LPG 3 Kg Masih Kajian

Peristiwa   18 Jan 2020 - 14:11 WIB
Bagikan:          
Bagikan: