Gunung Merapi Kembali Luncurkan Dua Kali Guguran Lava Hari Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti
09 April 2019   13:00 WIB

Komentar
Gunung Merapi Kembali Luncurkan Dua Kali Guguran Lava Hari Ini

Gunung Merapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Selasa (9/4), menyatakan, Gunung Merapi kembali meluncurkan dua kali guguran lava pijar. BPPTKG mencatat, jarak luncurnya mencapai 600 meter mengarah ke hulu Kali Gendol.

Meski begitu, sampai saat ini BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II (Waspada).

Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya, Selasa (9/4) seperti dikutip Antara, mengungkapkan, guguran lava pijar tersebut terpantau melalui CCTV pada periode pengamatan pukul 00.00 sampai pukul 06.00 WIB.

Selain itu, BPPTKG mencatat sebanyak 8 kali gempa saat terjadi guguran lava dengan amplitudo 2 sampai 45 mm selama 18,56 hingga 60,68 detik dan 1 kali gempa embusan dengan amplitudo 9 mm selama 31,64 detik.

Hasil pengamatan visual melalui CCTV yang dilakukan BPPTKG menunjukkan asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah.

Mengingat aktivitas Gunung Merapi masih terus berlangsung, BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian. Pendakian hanya boleh dilakukan untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

Melalui laman resminya, BPPTKG juga meminta masyarakat ataupun wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari puncak kawah Gunung Merapi. Selain itu, karena jarak luncur guguran lava pijar Gunung Merapi sekamin jauh, BPPTKG mengimbau warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kesiapsiagaan jika sewaktu-waktu terjadi hujan lahar.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: