Viral, 19 Tahun jadi Sampah di Lautan, Bungkus Mie Instan Jadul Ini Masih Utuh

TrubusNews
Astri Sofyanti
08 April 2019   15:00 WIB

Komentar
Viral, 19 Tahun jadi Sampah di Lautan, Bungkus Mie Instan Jadul Ini Masih Utuh

Temuan bungkus mie instan berusia 19 tahun di laut yang bikin gempar dunia maya. (Foto : Twitter/ @selfeeani)

Trubus.id -- Sampai saat ini, persoalan sampah plastik di lautan masih menjadi isu pencemaran lingkungan di dunia, termasuk Indonesia. Terlebih, masih banyak kasus ditemukannya biota laut yang mati karena memakan sampah plastik.

Baru-baru ini, masyarakat kembali dihebohkan dengan foto penemuan sampah bungkus mie instan bermerek Indomie jadul. Foto yang berderar di Twitter ini pertama kali diunggah oleh akun @selfeeani pada Minggu (7/4) kemarin.

Sejak awal kemunculannya, bungkus mie instan sejuta umat yang terbuat dari plastik tak mudah terurai ini langsung membuat gempar publik. Yang mengagetkan adalah, jika melihat kemasan bungkus mie instan ini menggambarkan desain Dirgahayu Indonesia ke-55. Artinya bungkus kemasan Indomie ini diproduksi sekitar tahun 2000-an dan saat ini sudah berusia 19 tahun. Bisa diasumsikan sampah plastik tersebut sudah bertahun-tahun terobang-ambing di lautan hingga akhirnya ditemukan di pinggir pantai karena tersapu ombak.

"Agustus nanti Indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus Indomie yang bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55. Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun jadi bungkus ini terombang ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun," tulis @selfeeani di akun Twitternya.

Tak sampai 24 jam, cuitan tersebut sudah direetwet lebih dari 67.000 kali. Tak sedikit netizen yang ikut berkomentar, termasuk tentang sulit terurainya sampah plastik. Pasalnya sampah plastik akan membutuhkan waktu lebih dari 100 tahun untuk hancur dan terurai.

Dari kasus penemuan ini membuktikan bahwa begitu berbahayanya sampah plastik bagi lingkungan terlebih laut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: