Sempat Surut, Kabupaten Bandung Kembali Terendam Akibat Sungai Citarum 

TrubusNews
Astri Sofyanti
08 April 2019   11:47 WIB

Komentar
Sempat Surut, Kabupaten Bandung Kembali Terendam Akibat Sungai Citarum 

Banjir bandung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Curah hujan tinggi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengakibatkan Sungai Citarum Meluap setinggi 30 ampai 70 sentimeter (cm). Akibatnya sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung seperti Baleendah, Dayeuhkolot, hingga Bojongsoang kembali terendam banjir. 

Padahal sebelumnya banjir di wilayah tersebut sempat surut. Tapi karena hujan deras yang terjadi pada Minggu (7/4) sejak sore hingga malam membuat Sungai Citarum kembali meluap.

Tingginya air membuat sejumlah kendaraan sulit melintas, sehingga beberapa ruas jalan terputus. Sejumlah ruas jalan yang terendam meluputi Jalan Banjaran-Jalan Dayeuhkolot dan Jalan Bojongsoang, tepatnya di depan pom bensin Cikarees. Kondisi ini mengakibatkan lalu lintas sejak pagi tadi lumpuh dan mengakibatkan kemacetan parah.

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sejumlah wilayah di Bandung raya masih akan diguyur hujan sejak siang hingga malam. Masyarakat, khususnya pengemudi kendaraan roda 4 dan roda 2 diharapkan dapat berhati-hati dan bisa menghindari jalur banjir.

Salah satu warga Dayeuhkolot, Yogi mengungkapkan air datang sekitar pukul 03.00 WIB. “Debit air dini hari tadi justru lebih besar dari sebelumnya,” ucapnya di Bandung, Senin (8/4), melansir Detik.

Yogi merinci, banjir yang menggenang di Kampung Kaum, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

Sementara kondisi di Kampung Babakan Leuwi Bandung, tinggi air mencapai 170 cm. wilayah tersebut menjadi salah satu paling parah karena berdekatan dengan Sungai Citarum.

Yogi menjelaskan, ketinggian banjir paling parah terjadi di Kampung Citereup, ketinggian banjir lebih dari dua meter.

“Air hampir sampai ke atap rumah warga,” pungkasnya. Dirinya mengkhawatirkan debit banjir masih akan naik.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: