Gempa Bumi Tektonik Bermagnitudo 5,3 Guncang Sulawesi Utara saat Pagi Buta

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
08 April 2019   08:24

Komentar
Gempa Bumi Tektonik Bermagnitudo 5,3 Guncang Sulawesi Utara saat Pagi Buta

Gempa Bumi, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisikq (BMKG)  melaporkan,  telah terjadi gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara dengan kekuatan 5,3 magnitudo, Senin (8/4/2019) sekitar pukul 02.45.31 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dari Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,3, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,1.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,01 LU dan 123,19 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 14 km arah Barat Laut Boroko-Bolmut-SULUT pada kedalaman 47 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (Strike Slip). 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat dan Peta Tingkat Guncangan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Bonebolango IV MMI dan Gorontalo III-IV MMI.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: