BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Maluku

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 April 2019   22:00 WIB

Komentar
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Maluku

Ilustrasi gelombang tinggi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Malauku hingga beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Ot Oral Sem Wilar, mengatakan bahwa gelombang setinggi 2,5 meter berpeluang terjadi di sejumlah Perairan Maluku. Meliputi Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Aru dan Laut Arafura yang secara geografis berdekatan dengan Timor Leste dan Australia.

“Gelombang dengan tinggi 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Kei dan Laut Maluku bagian utara,” terangnya di Maluku, Minggu (7/4).

Baca Lainnya : Badai Veronica Berpotensi Sebabkan Gelombang Tinggi di Samudera Indonesia dan Laut Jawa

Selain itu, BMKG memperkirakan potensi hujan lebat disertai petir terjadi di Laut Banda bagian selatan. Kondisi ini terjadi karena Cumulonimbus, awan yang menimbulkan angin kencang hingga menambah gelombang tinggi.

"Umumnya, kondisi sinoptik terjadi ketika angin bertiup dari arah tenggara ke barat laut dengan kecepatan mencapai 37 kilometer per jam," bebernya.

Maka dari itu, ia meminta para nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi. Terutama bagi nelayan yang masih menggunakan kapal tradisional. Itu karena, kapal tradisional tidak akan mampu menahan kondisi cuca jika tiba-tiba terjadi kecepatan angin yang bisa memengaruhi tinggi gelombang.

Baca Lainnya : 7 Wilayah Perairan Indonesia 'Siaga' Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter

Imbauan tentang kondisi cuaca juga disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua kota, termasuk para bupati dan wali kota.

"Jika terjadi kondisi cuaca ekstrem, kepala kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar," tandasnya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: