Tebing 20 Meter Longsor, Jalur Dieng Terputus

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 April 2019   12:00 WIB

Komentar
Tebing 20 Meter Longsor, Jalur Dieng Terputus

Ilustrasi tebing longsor. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Intensitas hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan bencana tanah longsor di Jawa Tengah. Tepatnya di tanjakan Sangkalputung, Grogol, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara.

Material longsor datang dari tebing setinggi 20 meter yang jatuh dan menimbun seluruh area ruas jalan. Akibatnya, jalur dari Banjarnegara menuju Dieng terputus sejak Sabtu (6/4).

Baca Lainnya : Tebing 10 Meter di Kabupaten Bandung Longsor, Akses Jalan Terputus

"Kita sudah perintahkan Kalak BPBD Banjarnegara untuk langsung mengambil tindakan. Longsor terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi di kawasan itu," kata Sudaryanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Minggu (7/4).

Meski tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut, petugas BPBD bersama tim gabungan yang meliputi Tagana, Koramil serta Polsek Batur dan masyarakat sekitar, sudah mulai membersihkan material longsor yang menghalangi ruas jalan.

Baca Lainnya : Waspada, Jalur Wisata Solo-Borobudur Longsor di Beberapa Titik

Guna mempercepat pembersihan material, dinas bina marga mengirimkan alat berat ke lokasi. Itu karena, arus lalu lintas di wilatah Batur, Grogol hingga Wanayasa masih belum bisa dilalui kendaraan, baik motor atau mobil. Semua kendaraan dialihkan ke jalur alternatif wilayah Batur Sidareja-Pejawaran-Banjarnegara.

"Kami minta masyarakat yang melewati kawasan Banjarnegara-Dieng untuk bersabar. Kita berusaha semaksimal mungkin agar akses jalan kembali dibuka," pungkas Sudaryanto, dikutip dari Viva[DF]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: