Buang Sampah di Stasiun MRT, Siap-siap Didenda Rp500 Ribu

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 April 2019   14:00 WIB

Komentar
Buang Sampah di Stasiun MRT, Siap-siap Didenda Rp500 Ribu

Pemandangan sampah di pintu masuk Stasiun MRT HI. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Baru sepekan MRT beroperasi, masyarakat tetap tidak peduli akan kebersihan. Buktinya, masih banyak sampah berserakan yang ditemukan di sejumlah stasiun MRT. Beberapa sampah yang ditemukan antara lain bungkus makanan kemasan, botol plastik bekas air mineral atau minuman lainnya.

Untuk menjaga kebersihan, baik di stasiun ataupun di dalam kereta, PT MRT akan menyediakan tempat sampah di area stasiun. Rencana ini merupakan salah satu sarana edukasi bagi masyarakat untuk mendukung pengurangan produk berbahan dasar plastik.

Baca Lainnya : Target Jokowi Membenahi Lingkungan Hidup Selanjutnya Fokus pada Pengurangan Sampah Plastik

Sebelumnya, pihak pengelola memag sengaja tidak menyediakan tempat sampah. Alasannya, mereka berharap agar masyarakat menjaga kebersihan dengan tidak makan dan makan di area stasiun dan juga MRT. Namun, dengan tidak adanya tempat sampah, semakin banyak orang yang membuang sampah sembarangan di dalam stasiun.

“Untuk itu, PT PRT akan menerapkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Salah satu pasalnya mengatakan bahwa setiap orang yang dengan sengaja atau terbukti membuang, menumpuk sampah atau bangkai binatang ke sungai, kali, kanal, waduk, situ, saluran air limbah, jalanan, taman atau tempat umum, dikenakan uang paksa paling banyak Rp500.000," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, dalam keterangan resmi, mengutip Detik.

Baca Lainnya : Sampah Plastik Kota Depok Capai 100 Ton per Hari

Ia mengaku jika peraturan tersebut telah disosialisasikan di setiap stasiun MRT, mulai dari pintu masuk stasiun hingga pemasangan poster-poster di setiap sudut.

"Kita juga akan melaksanakan patroli bersama di area-area sekitar stasiun. Dari perusahaan sendiri, akan mengampanyekan Tahan-Simpan-Pungut, imbauan kepada masyarakat agar menahan diri untuk tidak membawa barang yang berpotensi menjadi sampah ke dalam stasiun dan kereta MRT,” tandasnya. [DF]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: