3 Hari Berlalu, Korban Banjir di Dompu Belum Dapat Bantuan Pemerintah

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 April 2019   17:00 WIB

Komentar
3 Hari Berlalu, Korban Banjir di Dompu Belum Dapat Bantuan Pemerintah

Banjir di kabupaten Dompu, NTB. (Foto : Doc: Kompas/ Syarifudin)

Trubus.id -- Intensitas hujan yang cukup tinggi yang melanda Nusa Tenggara Barat (NTB) mengakibatkan sejumlah kecamatan di Kabupaten Dompu diterjang banjir bandang akibat luapan Sungai Silo pada Rabu (3/4).

Banjir yang terjadi di Kabupaten Dompu terjadi hampir setiap tahun ketika musim hujan. Penyebab utama banjir akibat terjadi pendangkalan wilayah Sungai Silo. Karena kondisi ini sungai tak mampu menampung derasnya debit air yang cukup banyak.

Baca Lainnya : Banjir Kepung Kabupaten Dompu, Ternak Warga Banyak yang Terseret Arus

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Muhammad Rum mengungkapkan, ketinggian air mencapai 2,93 meter yang merendam ratusan rumah warga khususnya yang tinggal di dekat Sungai Silo.

Tiga hari usai bencana banjir bandang tersebut, banyak warga setempat yang mengeluh karena belum mendapat bantuan dari pemerintah setempat. Padahal warga begitu membuthkan bantuan mulai dari logistic untuk makan sehari-hari hingga pakaian bersih.

“Sudah tidak hari kami belum, juga mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sejak kemarin beberapa bantuan bukan dari pemerintah seperti mie instant, nasi hingga air mineral untuk kebutuhan warga di sini,” terang salah seorang warga Kampo Samporo, Kelurahan Bali 1 Dompu, Husen yang juga terdampak banjir bandang, mengutip Detik, Jumat (5/4).

Baca Lainnya : Sungai Cikapundung Meluap, 4 Kecamatan di Kabupaten Bandung Kebanjiran

Diakui warga sekitar, Bupati hingga hari ke tiga belum turun ataupun mendistribusikan bantuan

"Bupati tidak ada turun dengan bantuannya di sini. Dia tidak pernah melihat kondisi kami di sini selama tiga hari ini," ujar warga lain, Taufik.

Warga yang terdampak banjir bandang berharap bantuan dari pemerintah segera datang karena begitu banyak warga yang membutuhkan bantuan. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: