Kebakaran Hutan di Korea Selatan, Pemerintah Tetapkan Bencana Nasional

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 April 2019   11:30 WIB

Komentar
Kebakaran Hutan di Korea Selatan, Pemerintah Tetapkan Bencana Nasional

Kebakaran yang terjadi di pegunungan Gangwon, Korea Selatan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran hebat terjadi di Provinsi Gangwon pada Kamis malam (4/3) dan menyebar hingga ke Kota Sokcho. Akibat kejadian ini, api melahap sekitar 385 hektare lahan dan 310 rumah serta sejumlah gudang dan bangunan lainnya, kata Yonhap yang mengutip keterangan pemerintah.

Buntut kejadian ini, Pemerintah Korea Selatan langsung menetapkan status siaga III atau bencana nasional. Kebakaran hutan di Korea Selatan menelan satu korban jiwa dan memaksa lebih dari 4.000 orang meninggalkan rumah mereka, demikian dilaporkan Kantor Berita Yonhap, Jumat (5/4).

Sekitar 4.230 warga dievakuasi ke beberapa gimnasium dan sekolah. Sebanyak 52 sekolah ditutup hari ini, Jumat 5 April 2019. Penyebab terjadinya kebakaran karena angin kencang yang terletak di pegunungan timur laut Provinsi Gangwon dekat perbatasan dengan Korea Utara.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional mengerahkan 2.700 personel darurat, tetapi angin kencang mempersulit upaya pemadaman api.

Menyikapi hal tersebut, Presiden Korea Selatan, Moon Ja-in mengintruksikan para pejabat untuk memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia untuk memadamkan api yang menghanguskan area hutan.

Pemerintah mengerahkan sekitar 45 helikopter, 77 unit pemadam kebakaran dan 13.000 personel dari seluruh negeri untuk mengatasi kebakaran, kata Yonhap. Pejabat setempat mengatakan kebakaran terjadi di sepanjang jalan di Goseong, yang terletak 210 km (130 mil) timur laut Ibu Kota Seoul pada malam hari.

Berdasarkan laporan petugas di lapangan, api dengan cepat menyebar ke lereng gunung terdekat dan mengharuskan penduduk yang tinggal di sekitarnya dievakuasi.

Sebanyak 100 mobil pemadam kebakaran berada yang ada di lokasi dan 100 mobil pemadam kebakaran lainnya dilaporkan masih akan didatangkan. Guna membantu memadamkan api dan misi penyelamatan, sebanyak 30 helikopter akan dikirim pagi tadi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: