Gunung Merapi Luncurkan 2 Kali Guguran Lava Pijar ke Arah Kali Gendol

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 April 2019   12:30 WIB

Komentar
Gunung Merapi Luncurkan 2 Kali Guguran Lava Pijar ke Arah Kali Gendol

Gunung Merapi kembali luncurkan 2 kali guguran lava pijar. (Foto : Doc/ ANTARA)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat, Gunung Merapi di Jawa Tengah kembali menyemburkan dua kali guguran lava pijar.

Melalui akun Twitter resminya, BPPTKG Selasa (2/4) dilaporkan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada periode Senin 1 April sampai Selasa 2 April 2019 dimulai pukul 18.00 sampai 06.00 WIB tercatat dua kali semburan lava.

Baca Lainnya : Merapi Semburkan Dua kali Guguran Larva, Status 'Waspada' Bertahan

Dalam laporannya BPPTKG menyebutkan, Gunung Merapi terpantau kembali dua kali menyemburkan guguran lava ke arah hulu Kali Gendol. Guguran lava menyembur dengan jarak luncur 600-900 meter.

Baca Lainnya : Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Setinggi 1,5 Kilometer

Mengacu pada data aktivitas vulkanik Merapi, hingga saat ini BPPTKG menetapkan status Gunung Merapi pada Level II (Waspada) sejak 21 Mei 2018.

BPPTKG menyarankan untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Selain itu, BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bambang Ismawan Ungkap Tantangan Mendirikan Majalah Trubus

Peristiwa   06 Des 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: