Terjebak Kobaran Api, 30 Petugas Kebakaran Tewas saat Padamkan Kebakaran Hutan

TrubusNews
Binsar Marulitua
02 April 2019   11:30 WIB

Komentar
Terjebak Kobaran Api, 30 Petugas Kebakaran Tewas saat Padamkan Kebakaran Hutan

Ilustrasi kebakaran hutan (Foto : Pixabay/skeeze)

Trubus.id -- Kementerian manajemen darurat China melaporkan bahwa, jumlah petugas pemadam kebakaran China yang tewas saat memadamkan api dalam kebakaran hutan di Sichuan bertambah menjadi 30 orang pada Senin (1/4). Sebelumnya, regu pencarian dan penyelamatan mengonfirmasi jumlah korban pemadam kebakaran yang tewas sebanyak 26 orang.

Otoritas pencarian dan penyelamatan setempat mengatakan mereka kehilangan kontak dengan 30 petugas pemadam kebakaran pada Minggu (31/3) sore waktu setempat. 

Seperti dikutip dala AFP, api mulai membakar kawasan pegunungan yang berada di kawasan 3.800 meter di atas permukaan laut tersebut pada Sabtu (30/3) malam waktu setempat.

Baca Lainnya : Jokowi Koreksi Maksud Pernyataan Tidak Ada Kebakaran Hutan saat Debat Capres

Para korban merupakan bagian dari 689 petugas yang dikirim ke pegunungan di Sichuan untuk memadamkan api. Mereka terjebak di kobaran api yang membakar pepohonan setelah terjadi perubahan arah angin yang tiba-tiba. Angin telah memicu bola api besar membuat para korban tak sempat menyelamatkan diri.

Rekaman yang ditayangkan stasiun televisi CCTV menunjukkan, gumpalan asap berasal dari titik hutan yang terbakar.

Sementara itu kebakaran hutan lainnya juga terjadi di Provinsi Shanxi. Kebakaran berlangsung selama 2 hari sebelum berhasil dipadamkan petugas sejak Minggu kemarin.

Akibatnya, lebih dari 9.000 warga diungsikan dari rumah mereka akibat kebakaran itu. Namun insiden ini tidak menimbulkan korban.

Baca Lainnya : Semakin Mengganas, Sepekan Kebakaran Hutan Selandia Baru Paksa Warga Mengungsi

Pusat Meteorologi Nasional China memperingatkan suhu yang lebih hangat dan curah hujan lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya telah meningkatkan risiko kebakaran hutan di utara negara itu.

Pada Mei 1987, kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah China terjadi di Provinsi Heilongjiang, menewaskan 119 orang dan melukai 102 lainnya. Selain itu 51.000 orang kehilangan tempat tinggal. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: