Masuki Musim Kemarau, BMKG Prediksi DKI Jakarta Masih Akan Diguyur Hujan

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 April 2019   12:00 WIB

Komentar
Masuki Musim Kemarau, BMKG Prediksi DKI Jakarta Masih Akan Diguyur  Hujan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah DKI Jakarta masih akan diguyur hujan pada bulan April. Prakiraan BMKG, Senin, (1/4), cuaca di Ibu Kota Jakarta pagi ini cerah berawan. BMKG memperkirakan, hujan akan turun di hampir seluruh wilayah Ibu Kota pada sore hari nanti. Kecuali Kepulauan Seribu yang hanya diperkirakan berawan.

Selain itu, BMKG juga memperkirakan cuaca di Kota Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor, yang diperkirakan akan turun hujan pada siang menjelang sore.

Baca Lainnya : Waspada, Musim Kemarau Diprediksi Tiba Lebih Awal dan Lebih Kering di Wilayah-wilayah Ini

Sebelumnya, Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indra Gustari menyatakan, potensi musim kemarau 2019 untuk sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau pada April 2019 mendatang. Meski begitu pihaknya mengungkapkan bahwa sebagian wilayah lain baru akan memasuki musim kemarau pada bulan Mei 2019 nanti.

"Yang perlu diantisipasi adalah daerah-daerah, yang musim kemaraunya datang lebih awal, yang kedua, musim kemarau 2019 ini sifatnya akan lebih kering," jelas Indra saat ditemui Trubus.id di Jakata, belum lama ini.

Baca Lainnya : BMKG Perkirakan Indonesia Masuk Musim Kemarau Mulai April

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, berdasarkan analisis yang dilakukan BMKG, sejumlah wilayah yang berpotensi musim kemarau lebih awal dan lebih kering yakni Aceh, Riau, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan untuk puncak musim kemarau, diakui Indra, puncak musim kemarau adalah periode di mana intensitas hujan yang turun paling sedikit di dalam periode musim kemarau.

"Prediksi kita memperlihatkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami puncak musim kemarau pada bulan Agustus 2019," tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: